Dec 4, 2014

Tje Fuk Whitening Day & Night Cream

Duluuuu, waktu masih sering gonta-ganti skin care, aku paling sering pake Tje Fuk. Sekarang udah ngga pake rangkaian produk Tje Fuk lagi, hanya saja ada beberapa hal yang pengen aku bahas karena dari email dan komen yang masuk, banyak yang pengen pake Tje Fuk tapi khawatir itu produk gajebo apa bukan. Padahal seingatku yang pertama kali gencarin awareness tentang produk skin care berbahaya di iklan TV kan Tje Fuk.


"Tje Fuk kan Gajebo = Skin Care Ngga Jelas Bo, Abal-abal!"
Lah... Tje Fuk udah lama terdaftar di BPOM (jaman masih POM CA lho, sebelum jaman notifikasi NA kayak sekarang). Masalah halal atau ngganya aku ngga tau.

Tje Fuk keitung mahal sebenernya (dengan isi yang dikit ^^;). Rangkaian produknya gampang diperoleh di drugstore macam Century, bahkan minimarket macam Indomaret pun ada. Tapi ada lho yang malu ngaku pake Tje Fuk, sampe belinya sembunyi-sembunyi gitu, tunggu Indomaret sepi hahahaha :))

"Tje Fuk Hasilnya Instan? Cepet putihnya?"
Progres skin care di masing-masing orang emang beda, tapi yang perlu diinget, untuk memperoleh hasil yang memuaskan jelas butuh waktu. Dari pengalamanku (yang udah bolak balik pake Tje Fuk) biasanya setelah 2 bulanan mulai terlihat perubahan yang signifikan. Ada juga orang yang sebulanan udah keliatan perubahannya. Tapi yang dalam itungan hari kayaknya belom pernah denger ya... Kalo mo cepet putih dipilox aja kulitnya hehe.

Pot krimnya kokoh banget, dari batu :))

Komposisi Tje Fuk Whitening Night Cream
Ada rumor meresahkan yang beredar bahwa Tje Fuk mengandung merkuri dan zat-zat berbahaya lainnya. Padahal ingredientnya udah jelas tertera di kemasan produk. 


Arbutin emang udah jadi agen pencerah populer di skin care yang beredar saat ini, tapi ada satu kandungan yang masih jarang banget (ato mungkin cuma Tje Fuk? cmiiw) digunakan produk lokal, yaitu Ceramide-3. Zat tersebut jadi langganan di list ingredient produk-produk brand besar macam Elizabeth Arden.

Eniwei, ceramide adalah komponen natural dalam kulit manusia dan memiliki peran penting untuk membentuk barrier yang mampu mengurangi infeksi dan membantu melembabkan kulit. Kekurangan ceramide dapat menyebabkan kulit kering, dermatitis, kulit kasar, dan kerutan. Ceramide bisa diperoleh dari gandum, kedelai, beras, dairy products, telur, dan bayam.

"Tje Fuk Day Cream sama aja kayak Kelly Pearl Cream?"
Karena penasaran dengan gosip tersebut, aku sampe beli Kelly Pearl Cream. Perbandingan harganya jauh banget.


Kelly Pearl Cream adalah krim jadul yang sering disuuzonin sebagai krim bermerkuri. Padahal ingredientnya udah dijembrengin dan produsennya pun terdaftar di database BPOM sejak lama :|


Tje Fuk Day Cream lebih kuning dibanding Kelly Pearl Cream. Teksturnya sama-sama susah diratakan.

Tje Fuk Day Cream
Kelly Pearl Cream

Komposisinya sih beda. Tje Fuk nyempilin Arbutin juga di list ingredient Day Creamnya. Tapi, secara garis besar, Tje Fuk Day Cream dan Kelly Pearl Cream sama-sama bisa dijadikan alas bedak, bisa ngelembabin, ngandung tabir surya (selain titanium dioxide, Kelly menggunakan benzophenone-3 yang ngefek ke hormon, jadi baiknya ngga digunakan oleh anak di bawah 2 tahun dan ibu hamil) dan berpotensi nyumbat pori. Dua-duanya ada kandungan yang mildly comedogenic, jadi yang kulitnya berminyak dan/atau acne prone, mesti telaten bersihinnya.


***

Review

Tje Fuk Whitening Night Cream
Sejak break out di tahun 2012, kulitku jadi lebih sensitif... dan celekit-celekitnya Tje Fuk Night Cream kerasa banget. Sensasi celekit-celekitnya ngga nyampe 3 menitan sih, tapi tetep aja ngga tahan -___- makanya aku udah ngga pake Tje Fuk Night Cream lagi.

Tje Fuk Whitening Night Cream membuat kulit jadi kerasa kencang, bahkan (di kulitku) efek kencangnya ngalahin Biokos Botulike Wrinkle Filling Serum Deep Expression Line (hijau tua). Tapi, dua-duanya ngga ngefek ke pori-poriku yang terkewer-kewer. FYI, kulitku emang sempet ngalamin premature aging.

Botulike hijau tua membuat tekstur kulitku tampak halus dan rata, sedangkan Tje Fuk Night Cream unggul di mengencangkan dan meratakan warna kulit, sehingga wajah tampak lebih cerah. Cerahnya kulit berkat Tje Fuk Night Cream ini ngga maksa, tetep cerah natural warna asli kulitku. Untuk menghilangkan noda-noda bekas jerawat juga butuh waktu lumayan lama, ngga instan. Tje Fuk juga ngga bikin kulit ngelupas.

Jadi, untuk menyamarkan kerut halus, Tje Fuk lebih oke dibanding Botulike hijau tua (di kulitku lho, gatau di kulit orang lain gimana ^^;). Ceramide emang dikenal ampuh sebagai agen anti aging. Ngga heran ya, kalo Tje Fuk lebih populer di kalangan ibu-ibu hehe.

Soal jerawat, Tje Fuk ngga gitu ngefek, tapi juga ngga memperparah kondisi kulitku yang saat itu lagi acne prone banget. So so-lah...

Tje Fuk Whitening Day Cream 
Dari dulu sampe sekarang, aku ngga mengalami masalah yang berarti dengan day creamnya Tje Fuk. Hanya saja, kalo bersihinnya ngga bener, bisa menggumpal, nyumbat pori, trus jadi komedo.

Ngeratainnya susah, ndemblognya keliatan banget, apalagi pori-poriku emang lebar-lebar :))
Setelah dioles pake jari, mesti dirapiin lagi pake spons atau tisu.
iya, warna kulitku emang ngga rata ^^;
coveragenya light, ngga mampu nutupin noda-noda bekas jerawat di kulitku
Aku menghindari penggunaan Tje Fuk Day Cream saat kulit kusam menggelap, karena bakal terlihat seperti dakochan ditepungin pake foundation salah shade. Apalagi kalo kulit muka udah mulai minyakan. Ngga banget deh :)) day creamnya keliatan luntur (literally). Jadi, mesti sedia tisu untuk mengatasi belangnya.

Sampe sekarang, kadang aku masih pake day creamnya Tje Fuk sebagai pengganti bb/cc creamku. Tje Fuk Day Cream bisa memberi efek mencerahkan dan meratakan warna wajah, jatohnya kayak "my skin but better".

***

Akhir Kata...

Aku udah ngalamin jatuh bangunnya *halah pake Tje Fuk. Mulai dari jaman bikin mulus dan kinclong banget, sampe udah ngga gitu ngefek lagi karena kulitku jenuh berkelana gonta-ganti skin care heuheu.

Tje Fuk mesti dipake tipis-tipis, terutama krim malamnya. Kalo besok paginya mukaku malah berminyak dan muncul jerawat (padahal sebelumnya ngga kenapa-kenapa), tandanya aku ketebelan ngolesinnya (krim malam) atau ngga gitu bersih bersihin day creamnya.

Untuk detox-detoxan aku ngga ngerti ya. Padahal sebelum balik ke Tje Fuk lagi (sekitar tahun 2012), aku abis break out karena ujug-ujug berhenti menggunakan skin care klinik kecantikan. Tapi ngga ngalamin (yang dibilang orang-orang) keluar jerawat racun(?) segala macem. Alhamdulillah Tje Fuk belum pernah memperparah kondisi kulitku.

In my opinion... Tentang break out akibat Tje Fuk, bisa aja karena kebutuhan atau kondisi kulit emang ngga sesuai dengan ingredientnya (reaksi reject), produknya lagi bekerja benerin kulit, atau pemakaian produk yang ngga tepat (olesnya ngga tipis-tipis atau ampas day creamnya nyumbat pori -__-).

Kalo kamu curiga tentang keamanan produk tertentu (termasuk Tje Fuk dan Kelly), baiknya langsung cross check aja ke BPOM dan produsennya, kan ada alamat dan kontaknya.

Oh iya, kalo bisa beli Tje Fuknya di tempat yang terpercaya, karena banyak banget krim Tje Fuk palsu yang beredar.

***

Semoga bermanfaat
Thanks for reading ♥ Love you all

Nov 21, 2014

Kaminomoto Hair Growth Accelerator

Karena hampir tiap hari menggunakan ciput, rambutku (terutama di ubun-ubun dan tepi dahi) jadi keliatan tipis kepepes(?). Berikut aku ceritain pengalamanku menggunakan Kaminomoto Hair Growth Accelerator :D


Kaminomoto dikenal karena khasiatnya untuk mengatasi kerontokan dan kebotakan dengan menggunakan bahan alami (ekstrak tumbuh-tumbuhan) sejak tahun 1908 (wow) dan hingga sekarang Kaminomoto terus melakukan riset agar selalu up to date memberikan solusi untuk permasalahan rambut. Produk Jepang ini akhirnya resmi masuk ke Indonesia dan didistribusikan oleh PT Best Brilliant Indonesia. Selain Hair Growth Accelerator, ada 3 produk andalan lain dari Kaminomoto, yaitu Kaminomoto Hair Growth Tonic, Medicated Shampoo, dan Medicated Conditioner. 


Kaminomoto Hair Growth Accelerator
Warnanya bening, tidak lengket, dan wanginya khas herbal oriental

Kaminomoto Hair Growth Accelerator's Main ingredients
Sophora radix (Kujin-extract), Isodonis Japanicus (Enmeiso-extract), Glycyrrhetinic Acid (Kanzo-extract), Roremary extract, Hinokitiol (Hinoku extract), Neo-Takanal, Capsicum Frutescens, Allantoin, Panthenol, Pyridoxine HCI.


Fungsi dari ingredients yang terkandung dalam produk ini, antara lain:
  • Mempercepat pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi darah dan fungsi sel di kulit kepala dan akar rambut.
  • Melindungi kulit kepala dari ketombe dan gatal karena memiliki fungsi antiseptik.
  • Meredakan inflamasi di kulit kepala.
  • Mengontrol sekresi kelenjar minyak di kulit kepala.
***

Bedanya Kaminomoto Hair Growth Accelerator dan Hair Growth Tonic?

Berdasarkan deskripsi dan klaim produk

***

FYI, aku cuma pake di area dekat dahi. Rambutku di sekitar hairline emang keliatan lebih tipis karena sering kepepes ciput hehe. Minggu-minggu awal, belum ada perubahan yang berarti. Setelah sebulan pemakaian, rambut tepi dahi yang biasanya gampang lepek jadi lebih bervolume dan akarnya kerasa lebih kuat. Kira-kira setelah 1,5 bulan pemakaian, anak rambut yang sebelumnya rada lama tumbuhnya, jadi ngejingkrak dengan panjang sekitar 4 cm. Keliatan banget, soalnya aku emang ngga pake poni :D

Selain dikirimin hair growth accelerator, aku juga dapet sampel Kaminomoto Medicated Scalp Care Shampoo. Taglinenya membersihkan kulit kepala untuk memperoleh rambut yang lebat dan bervolume. Klaim produk dapat mencegah ketombe, gatal, bau ngga sedap, dan menjaga agar kulit kepala dan rambut tetap fresh.


Shampoo ini enaaakk banget. Wanginya juga herbal-herbal oriental gitu. Setelah keramas, kulit kepala kerasa bersih, semriwing, rambut pun lemes (walau pemakaian conditioner diskip hehe).

***

Kesimpulannya…

Kaminomoto Hair Growth Accelerator produk yang recommended buat kamu-kamu yang pengen menyehatkan kulit kepala, menguatkan akar rambut, dan butuh perawatan untuk kerontokan rambut yang ngga wajar. Harganya pun reasonable mengingat kandungannya yang wow. Tapi, hasil pemakaian produk ini ngga instan, tetep butuh waktu. Hasil terbaik dapat diperoleh dengan pemakaian produk Kaminomoto lain seperti shampoo dan conditioner. Oh iya, sebaiknya hair growth accelerator ini digunakan rutin di malam hari sebelum tidur supaya produknya bekerja dengan optimal.

Dikemas dalam dus kertas kayak gini.
Oh iya, yang asli ada stiker hologram di plastik pembungkus dosnya,
tapi ngga kefoto karena plastiknya udah kebuang heuheu.
Produk-produk ini dapat diperoleh di Century dan Guardian seluruh Indonesia. Kalo mau beli online, produk Kaminomoto juga tersedia di lazada.com dan perfectbeauty.com. Kalo kamu tertarik dan pengen dapetin info yang lebih lengkap tentang produk-produk Kaminomoto, bisa cek langsung ke... 


Semoga bermanfaat 
Thank for reading ♥ Love you all

Nov 13, 2014

Catatan Pribadi Tentang Rangkaian Perawatan Kulit Wajah

Karena ini lumayan sering dibahas, jadi aku pikir mending dibikin postingan sekalian. Berikut hal-hal yang jadi pertimbanganku (setelah berkali-kali jatuh bangun trial and error) sebelum memilih rangkaian skin care :D

Note: kalo kulit break out jerawatan itu bukan dirawat, tapi mending fokus ngobatin aja dulu.

***

Tentang Kulit Wajah Kita

Tipe dan Kondisi Kulit
Beda tipe kulit, beda kebutuhan. Tipe kulit kering/normal/berminyak, biasanya lebih mudah menemukan skin care yang sesuai dengan kebutuhan. Lain halnya (misal) kulit berminyak-tapi dehidrasi-dan acne prone, menemukan rangkaian skin care yang cocok jadi rada tricky. Selain, cek label, kita juga mesti cek ingredient dan tekstur yang bersahabat dengan tipe kulit kita :D

Untuk mengetahui tipe dan kondisi kulit bisa googling skin test, banyak banget situs yang menyediakan jasa skin test gratisan yang informatif dengan grafis yang memanjakan mata ^^

Untuk tekstur skin care, pernah aku bahas di post tentang produk perawatan wajah

Sesuaikan Kondisi dan Kebutuhan Kulit Wajah dengan Skin Care
Menemukan skin care yang cocok adalah "eksperimen" pribadi, bisa jadi melalui trial and error berkali-kali. Hanya karena rave produk skin care tertentu bertebaran dimana-mana, belum tentu oke buat kulit kita. Seaman apapun suatu produk, sebagus apapun ingredient yang ditawarkan pasti ada aja orang-orang yang ngga cocok. Bukan salah produknya, tapi emang ada yang ngga match antara produk dan kebutuhan kulit.

Jadi, kalo kamu sebenernya udah cocok sama skin care A, walau godaan dimana-mana, ga perlu tergiur menggunakan skin care B. Ngga ada jaminan kulit kamu bakal jauh lebih baik kalo kamu ganti skin care. Boleh ganti skin care, asal disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan, bukan sekedar latah.

Cari Tau Zat-zat Tertentu yang Ngga Cocok di Kulit Kita
Umumnya kandungan-kandungan yang banyak orang hindari adalah yang sifatnya comedogenic kayak mineral oil, silicone, dll (supaya ngga nyumbat pori/komedoan/jerawatan). Selain itu, ada pula kandungan-kandungan tertentu yang memicu reaksi alergi atau iritasi bagi sebagian orang misalnya zat pewangi, zat pewarna, ethanol, paraben, dll.

Progres Skin Care (biasanya) Ngga Seheboh yang Diiklankan
Mungkin (mungkin lho), karena dulu sering banget ada iklan "hasil sudah nampak dalam 1x pemakaian", atau "rasakan perubahan hanya dalam sekian hari", membuat kita jadi masang ekspektasi terlalu tinggi terhadap progres rangkaian skin care yang kita gunakan. Umumnya, skin care menunjukkan hasil yang signifikan ngga dalam hitungan hari, tapi berminggu-minggu atau bahkan dalam hitungan bulan.

Kalo aku pribadi ni ya, walau dalam sebulan-dua bulan skin care itu progresnya biasa aja, selama ngga ada reaksi reject di kulitku atau ngga bikin break out, biasanya tetep aku telatenin. Sampe akhirnya baru deh keliatan kulitku jadi membaik (entah itu dari segi tekstur atau tingkat kecerahan kulit) sekitar 4-6 bulan pemakaian.

Purging, Reactive Skin, Break Out --klik link untuk baca post
Banyak yang salah kaprah dengan istilah ini. Untuk lebih mudahnya...

  • Purging hanya terjadi dalam proses penyembuhan jerawat dan/atau pori tersumbat. Dipicu oleh ingredient seperti AHA (glycolic acid, lactic acid, malic acid, citric acid, tartaric acid), BHA (salycilic acid), tretinoin, dan zat-zat lain yang dapat mengatasi pori tersumbat ("dipaksa" mateng dan keluar, makanya purging).
  • Reactive Skin ini biasa ditandai dengan komedo, jerawat, kulit kemerahan, dll sebagai bentuk reaksi kulit terhadap skin care, make up, atau treatment baru. Tapiii... ini tuh ngga parah, ngga gitu ganggu, dan biasanya cepet kelar (bisa 2-3 hari, semingguan, dst), kemudian udah, kita ngga ngalamin lagi karena kulit udah bisa mentolerir "kehadiran" produk baru di kulit. Biasanya penggunaan skin care baru tersebut diakalin dengan cara diselang-seling (sehari pake, sehari ngga). Kalo ragu cocok atau ngga, mending stop aja.
  • Break out karena ngga cocok dengan skin care itu perubahannya langsung jebret ngga wajar, mesti buru-buru distop. Mis. awalnya jerawatan di pipi trus tau-tau nyebar makin banyak, jadi bruntusan atau banyak brindil-brindil (hehe), kulit makin kering, dll. 


***

Tentang Produk dan Treatment Lainnya

Utamakan : Pembersih, Pelembab, & Tabir Surya
Kadang kita terlalu ribet mikirin mesti pake serum apa, essence apa, masker apa, tapi malah mengabaikan 3 hal penting itu. Percuma pake produk mahal, tapi bersihin mukanya ngga tepat. Yang ada malah produk tersebut ngga bisa bekerja dengan optimal karena kulit ngga bener-bener bersih.

Tabir surya juga salah satu produk yang sering disepelekan. Padahal hampir 80% (cmiiw) masalah kulit itu berasal dari sinar uv lho. Temen-temen yang sharing (dari ngobrol langsung, komen, atau email) alasan mereka ngga pake tabir surya karena repot (mesti apply at least 2-3 jam sekali), bikin muka keliatan kusam dan berminyak. Mungkin belum nemu yang cocok kali ya :0

Produk Lokal atau Luar Negeri?
Beberapa waktu lalu, aku sempat skeptis dengan produk dalam negeri maupun produk over the counter biasa yang dijual di supermarket lokal, karena menurutku ngga bersahabat buat kulit bermasalah. Lain halnya dengan produk-produk luar (mis. Korea Selatan :p) yang teksturnya ringan dan cocok banget buat kulitku yang rewel (nyaris tanpa keluhan deh kalo pake produk dari sono lol).

Tapi, setelah aku kelar ngobatin kulit dan mulai browsing-browsing lagi, ternyata banyak banget produk lokal yang dari segi kualitas maupun ingredientnya bisa bersaing dengan produk luar (berdasarkan pengamatan di kulitku lho). Kemaren-kemaren aku kurang telaten kali ya berburunya hehehe.

Intinya, ngga ada jaminan produk luar yang mahal menunjukkan progres seheboh yang digembar-gemborkan orang-orang. Karena balik lagi ke prinsip awal perawatan kulit, masing-masing orang punya kondisi kulit yang berbeda (unik dan spesifik), jadi produk skin care pun cocok-cocokan. Cocok ya syukur, ngga cocok yaudah kita balik mencari produk yang sesuai buat kulit kita :D

Skin Care Berlayer-layer
Kalau emang kulitnya lagi butuh, ya kenapa ngga. Misalnya nih, kulit jadi kusam, menggelap karena abis ospek, outbond, dst. Karena dengan perawatan yang biasa (pelembab) kurang nampol, ya ngga apa-apa kalo mau pake brightening essence/serum sebelum pelembab untuk mencerahkan.

Pelembab, essence/serumnya (rangkaian skin care yang digunakan) mesti semerk atau satu seri ngga sih?
Sebenernya anjuran untuk menggunakan rangkaian skin care dalam seri yang sama (layer toner, preessence, essence/serum, pelembab) itu agar active ingredient seri skin care tersebut lebih efektif dalam merawat dan mengatasi problem di kulit.

Kalopun mau pake beda merk (combine toner merk A, serum merk B, dan pelembab merk C), selama emang sesuai dengan kebutuhan kulit (ngga sekedar napsu, tergiur cerita orang) dan produknya aman, ya ngga masalah. Oia, alhamdulillah kulitku belum pernah mengalami break out karena pelembab dan essence/serumnya beda merk :D

Kurangi Rangkaian Produk Perawatan Wajah
Kebalikan poin sebelumnya. Belajar dari pengalamanku baru-baru ini, lebih baik jika setelah purging atau break out kita mengurangi produk skin care yang kita gunakan supaya kulit ngga kaget dan lebih cepat pulih/sehat. Misal sebelumnya tiap malam pake lengkap pre essence, essence, pelembab, baiknya dikurangi jadi tinggal pelembab aja.

Keuntungan lain, kita lebih tau efek dan progres masing-masing produk di kulit sehingga lebih teliti dan hati-hati dalam menata/menyusun kembali step-step rangkaian perawatan yang bakal kita telateni.

Perawatan Pendamping (Harian - Mingguan - Bulanan)
Perawatan pendamping harian adalah perawatan pendamping yang aman dipake setiap hari, sesuai kebutuhan, dan ngga memperparah kondisi kulit, misalnya maskeran dengan mask sheet yang menyegarkan, pake nano-nanoan, dipijet-pijet lembut, dll.

Buat kulitku yang rentan komedo dan jerawat, perlu banget menggunakan masker clay (at least seminggu sekali) dan scrubbing/peeling 2-3 hari sekali. Ada juga orang yang kulit wajahnya perlu difacial/chemical peeling, terapi ozon, dst 1-2 bulan sekali. Yaa... pastikan perawatan pendamping yang kita jalanin, emang sesuai dan diperlukan kulit ^^

Anggaran Khusus Skin Care
Sapa sih yang ngga tergoda dengan rangkaian skin care premium? x)) Bagus di kulit, tapi bahaya buat dompet. Kalo aku, awal belinya mungkin sanggup, tapi kontinuitasnya itu lhoo. Padahal kan masih banyak kebutuhan lain. Aku bukan orang yang nganggep skin care seharga 400ribu hingga jutaan rupiah itu "terjangkau". Jadi, sebelum beli skin care, sebagus apapun, ketersediaan dana untuk repurchase menjadi salah satu pertimbangan utamaku :D

Kemudahan Akses untuk Repurchase
Sekarang aku lebih milih skin care pokok (pelembab, pembersih, tabir surya) yang beredar di pasaran Indonesia (produk lokal yang dijual di supermarket dll) ketimbang beli online. Alasan pertama, karena belum tentu pas kita lagi bener-bener butuh, produknya ready stock (dan ngerestocknya kapan juga wallohu a'lam). Alasan kedua, repot kalo produknya udah discontinue atau emang udah ngga dijual lagi sama seller di Indonesia. Ujung-ujungnya mesti beli langsung dari negara asalnya =,=

Pemakaian Jangka Panjang dan Keamanan Produk
Ini ada kaitannya dengan keamanan zat-zat yang tergantung dalam produk. Bagus ngga sih, skin care A kalo dipake bertahun-tahun? Ada efek sampingnya ngga? dst dst dst.

Karena awareness mengenai chemical ingredients di skin care makin marak, jadi makin banyak pula yang beralih menggunakan home remedy dan vegan skin care :D Kalo udah segitu strictnya dengan chemical ingredient dalam skin care, baiknya diimbangi juga dengan rutin olahraga dan makan-makanan yang sehat (no junk food, msg berlebihan, dll... kalo masih, ya sama aja boong dong hehe).

Sekarang banyak banget skin care gajebo yang beredar dan menawarkan hasil yang instan. Mirisnya, ngga jarang ada yang punya pikiran, "yang penting kinclong dulu, kalo udah putihan, ganti pake skin care biasa buat maintain". Iya kalo kinclong, kalo malah break out parah? ^^;

Dengan banyaknya informasi dan testimoni yang beredar, kita juga harus jeli ngeliat produk-produk yang kesannya too good to be true (biasanya merk antah berantah), mengatasi semua masalah kulit hanya dengan satu produk misalnya (ya, namanya juga orang jualan).

Kalau ada yang menawarkan produk dengan ciri-ciri tersebut, kadang bikin aku bertanya-tanya *tsah... kenapa produsen kosmetik internasional besar kayak L'OREAL, The Body Shop, Oriflame, Lancome, Clinique, Innisfree, Amore Pacific, The Skin Food, Kiehls, Shiseido, Estee Lauder, dst (yah sebut semua merk gede), ngga ngeluarin produk dengan "terobosan" kayak gitu ya... padahal mereka punya dana dan fasilitas yang mumpuni buat riset. Kenapa mereka masih ngejual skin care dengan seri terpisah (mis. khusus buat aging, brightening, pore care, dst) dan progresnya pun tetep butuh waktu :D

Oiya, mungkin masih ada temen-temen yang belum tau ya. Sekarang izin registrasi BPOM itu dipermudah, makanya ngga heran makin kesini makin banyak merk skin care baru yang beredar. BPOM memberi nomor registrasi, kemudian produk diedarkan, dan BPOM melakukan pengawasan post market.

Jadi, kalo ternyata ada hal-hal yang ngga diinginkan (entah dari hasil pengecekan sampel secara acak setelah produk diedarkan atau melalui laporan/keluhan masyarakat), baru deh BPOM menarik produk dari peredaran. Dengan kata lain, produk yang dipasarkan itu sepenuhnya tanggung jawab produsen/perusahaan (cmiiw yaa).


***

Tentang Mind Set

Jangan Membandingkan Kondisi Kulit Wajah Sendiri dengan Orang Lain
Emang ada orang-orang yang secara genetik kulitnya bagus, meski pola makan dan tidurnya berantakan, minum alkohol, atau ngga telaten merawat muka. Ada juga orang-orang yang resiliensi kulitnya bagus, misal kulitnya lebih cepat pulih setelah mengalami break out, menunjukkan progres yang lebih cepat dan memuaskan dibanding kita (padahal menggunakan skin care yang sama).

Kalo ketemu orang-orang tersebut, ngga perlu membanding-bandingkan, ngga bakal ada habisnya. Yang ada ntar malah makin ngga sabar ngerawat kulit, ngeluh kesana-kemari, trus malah nyiksa kulit dengan gonta-ganti produk skin care dalam jangka waktu pendek karena ngga puas.

Mending evaluasi rangkaian perawatan yang kita jalani, apa yang perlu ditambah (mis. maskeran) atau dikurangi (mis. keseringan scrubbing)? Apa perlu atur pola makan lagi, apa karena ngga rutin pake sunblock, kurang minum air putih, dst dst dst.

Realistis
Buat aku yang bolak-balik break out, jangankan punya kulit cerah bersinar kayak lampu neon, punya kulit yang ngga bermasalah dan ngga gitu reaktif aja udah syukur alhamdulillah. Belajar dari pengalaman, makin kesini aku jadi lebih tau kulitku kalo lagi bagus, sebagus apa. Dengan begitu, aku jadi ngga ketinggian masang ekspektasi selama merawat kulit wajah.

Ada juga keluhan yang ngga realistis (aku pun juga ngalamin hehe). Misal ngerasa "item" banget, padahal biasa aja, malah kulitnya glowing tanned keren gitu. Heboh, kelabakan karena lagi jerawatan parah, eh pas diliat fotonya ternyata cuma jerawat pms 2-3 doang. Sadar ngga sadar, kadang kita mempersepsikan masalah secara berlebihan, akibatnya susah nemuin skin care yang cocok. "Ah, masa cuma pake gini doang? Ngga mempan ah," ---> udah ngomong kayak gitu setelah dapet saran dan resep yang biasa aja, padahal dicoba aja belom.

Keluhan lain yang sering aku dengar adalah, "produk A putihnya lama, produk B cepet mutihin".
Gini, produk pencerah atau pemutih pada hakikatnya berfungsi untuk meratakan warna kulit wajah, mengurangi kusam, sehingga kulit tampak lebih cerah (bukan mengganti skin tone asli kita). Jadi, jangan ngarep punya kulit putih khas kaukasian kalau kulit kita aslinya kuning langsat/sawo matang khas Indonesia. Hasilnya cepat atau lambat pun tergantung kondisi kulit masing-masing orang ^^;

"Poriku kok ngga kecilan yah? Produk A boong nih!"
Hmmm... :| sependek pengetahuanku, produk perawatan pori umumnya emang buat clarifying dan mengencangkan (pore tightening). Jadi, pori terlihat samar. Kalo untuk mengecilkan biasanya pake laser (mengembalikan ke ukuran semula cmiiw). Kalo secara genetis pori-pori kita udah gede ya ngga gitu signifikan perubahannya. Selain itu, yang jadi pertimbangan adalah biaya yang mahal dan perawatan pasca treatmentnya yang ribet (pori bisa melebar lagi karena aging, sinar uv, dll).

Ingat, fokus merawat kulit adalah untuk menyehatkan. Kulit yang sehat bakal keliatan cantik dan glowing dengan sendirinya. Kalo fokusnya menyehatkan, kita juga bakal lebih hati-hati nemplokin ini itu ke kulit kita ^^

***

Huwaaa catatan yang panjang :D 
Ngga apa-apa deh ya, daripada bolak balik dibahas di email dan komen hehehe.
Apa pertimbanganmu dalam memilih dan menggunakan skin care? Yuk share di mari :D

Semoga bermanfaat
Thanks for reading ♥ Love you all