17 Nov 2012

Aku dan Jerawat


Sebagian perempuan tidak hati-hati dalam memilih perawatan kulit wajah. Aku dulu salah satunya :)) Pengen muka kinclong, tapi ngga hati-hati dalam memilih krim yang ditemplokin ke kulit. Pengennya yang instan.

Jaman SMA kulitku normal cenderung kering dan jaraaaaaaaang banget jerawatan walau ngga telaten ngerawat muka. Tapi, semua berubah sejak kuliah di Semarang. Kulitku berubah jadi berminyak, kilap, gampang banget kena jerawat. 

Nah, berikut produk-produk yang pernah aku pake dari awal kuliah sampe sekarang. Semacam trial and error :))

***

Tje Fuk

Dilabel sebagai krim emak-emak :)) 
tapi mukaku waktu itu jadi bersih, ngga komedoan, dan ngga kusam pake ini. 
Btw, ini ngga ngandung merkuri dan hidrokuinon, meskipun warna krimnya putih-kuning.

***

Ponds Flawless White 

itu dulu aku pake semua, kecuali lotionnya :D
Karena tje fuk walau kecil harganya mahal dan awal kuliah banyak biaya, akhirnya aku ganti pake Flawless White yang lebih terjangkau. Di kulitku bagus, jadi bersemu pink gitu. Setelah hampir setahun pake, kulitku tau-tau jadi gampang jerawatan. Mungkin karena lagi banyak kegiatan, stress, ngga telaten rawat muka, dan lain-lain. Jerawatnya masih bisa ditolerir. Munculnya satu-satu, sembuhnya juga cepat.

***

XXX Skin Care

Aku latah karena lihat banyak temen yang mukanya kinclong pake skin care ini :)) Krimnya cepet banget redain jerawat dan muka kusam. Ngga nyampe 2 minggu kulitku langsung bersih. Tapi, makin lama jadi ngga begitu ngefek. Kulitku makin kusam, apalagi setelah KKN. Sempat berhenti sekitar 3 bulan, terus ada niat pengen ngelanjutin lagi. Eh, abis facial di sana, muka langsung bengep-bengep jerawatan parah semuka hiiiiiy. Seumur hidup baru pertama kalinya mengalami jerawatan yang datangnya keroyokan di hair line, dahi, pipi, dan dagu ;(

***

Biokos Pure Balance
(hydro gel moisturizer & nourishing gel night treatment)


Hydro gel moisturizer yang di pake di pagi hari ngga cocok di aku. Lengket-lengket gimana gitu ya, kulitku jadi kusam. Nourishing gel night treatmentnya recommended. Pas krim ini dioles di kulit wajah, ada sensasi dingin di kulit. Bangun pagi, muka rasanya kenyal kayak ager-ager. Sayangnya, muka masih kayak kilang minyak dan jerawat juga ngga sembuh-sembuh :'(

***

Biokos White n Clear
(silky white moisturizer, night radiance cream,
granular cleansing foam, & radiant whitening essence)


Mungkin di sinilah letak kecerobohanku yang paling parah hahahahah... Udah tau kulit kusam karena jerawat, fokusnya bukan menghilangkan jerawat, tapi mencerahkan muka. Soalnya kulitku bener-bener kusam banget, minyakan kayak teplon, jerawatan, dan bekas-bekas jerawatnya dimana-mana. Oh iya, silky white moisturizernya luar biasa (^^;) cepat meresap dan ngga bikin mukaku jadi makin berminyak. Cleansing foamnya biasa aja menurutku. Radiant whitening essence dan night radiant cream juga lumayan. Repot sih essencenya mesti nyampur-nyampur bubuk yang di kapsul dan krim yang di botol. Bangun pagi muka agak cerah, ngga minyakan, dan halus kayak pake bedak tabur bayi. Tapi ya gitu, walo lumayan cerahan, tapi mukaku tetep jerawatan parah. Yayalah, jerawatnya butuh disembuhin malah pake produk whitening :))

***
Vitacid 0,025% dan 0,05%


Akhirnya berbekal semangat menyembuhkan jerawat semuka, aku memberanikan diri melewati masa-masa purging bersama vitacid hihihi. Yang namanya purging itu bener-bener menguras hati. Mau kemana-mana males karena jerawat mateng semua. Sampe mukaku dikatain korengan karena bekas jerawat dimana-mana. Tapiiiiii... Akhirnya muka jerawatanku sembuh dooong pake vitacid ini. Jerawat munculnya udah ngga semuka, tapi satu-satu doang sekarang. Paling pas pms. Anyway, sudah aku review di sini.

***

Melanox Premium 
(Cream dan Serum) 


Setelah muka udah reda jerawatannya, aku cari produk untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit yang kusam. Hmmm... Perasaanku aja apa produk ini emang ada shimmernya? Melanox Premium ini bagus lho buat menghilangkan noda jerawat (^^) Sayangnya, kulit mukaku jadi berminyak banget pake Melanox Premium. Serum dan krimnya juga bikin celekit-celekit sekitar 5 menitan setelah diolesin ke kulit (#FYI kulitku sensitif). Akhirnya aku putuskan untuk berhenti.

***

Tje Fuk (lagi)

Berbekal pengalamanku dulu, aku nyoba pake tje fuk lagi. Tje fuk ini ngebantu banget mencerahkan kulit mukaku, meski day creamnya bikin komedoan. Terus, tiap pake night cream, ada rasa celekit-celekit di kulit sekitar bibir dan pipi. Padahal dulu ngga lho :'(( ngga tau kenapa, sejak break out, mukaku jadi rentan banget. 

***

The Skin Food Tomato Whitening Series


Setelah browsing kesana kemari, aku coba TSF Tomato Cream, Serum, dan Sunblocknya. Walau ada embel-embel whitening, tapi aku ngga dapet efek whitening itu. Secara, kulitku aslinya juga ngga putih hehehehe. Skin care ini ringan banget dan hasilnya bertahap (ngga instan). Ngga bikin celekit-celekit di kulitku. Noda bekas jerawat pelan-pelan memudar. Kulit jadi kenyal dan ngga bikin kulitku break out (^^) [link review TSF Tomato Whitening Series]

*Biasanya aku mengistirahatkan kulit wajah (puasa skin care) sekitar seminggu sampai sebulan sebelum mengganti ke skin care yang baru (^^) Selama itu, ya paling cuma pake sunblock dan masker, atau pake krimnya diselang-seling sehari pake sehari ngga, baru abis itu bener-bener stop.

***

Terus maksudnya apan sih ngurutin produk yang udah kamu pake? Bzzz...
Yaa sebagai gambaran trial and error yang aku lewatin. Dari jaman aku yang bodo amat sama yang namanya perawatan, korban iklan, salah milih skin care, pake skin care yang ngga sesuai dengan kebutuhan kulit, sampai akhirnya sekarang jadi hati-hati banget dalam memilih produk apa yang aku pake. Setelah mengalami break out parah selama kurang lebih setengah tahun, aku menyadari pentingnya pengetahuan mengenai perawatan kulit dan produk-produk kecantikan yang kita gunakan.

Dulu, aku termasuk orang yang latah dan gampang banget tergoda. Ada teman yang kulit mukanya mulus pake produk X, aku coba pake juga. Padahal, kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing orang itu berbeda. Apa yang cocok di orang lain, belum tentu cocok di kulit sendiri. Beruntunglah sekarang informasi gampang banget diperoleh. Sebelum membeli produk skin care tertentu, aku mempelajari kandungan aktif produk tersebut dan review produk dari orang-orang dengan karakteristik kulit yang sama dengan aku di internet (beauty blog). Oleh karena itu, sebisa mungkin, aku mulai membiasakan mereview produk. Soalnya review produk skin care itu bermanfaat banget. Seenggaknya membuat orang lain jadi lebih aware tentang produk yang akan mereka beli, terutama bagi pemilik kulit sensitif, sangat kering, dan acne prone.

Pemilik kulit yang bermasalah itu lumayan susah lho dapetin produk yang cocok. Trial and errornya ngga seadem ayem sebagian besar orang. Salah satunya ya kayak aku ini (,--) Setelah bedakan bentar, muncul jerawat. Jadi, ya mesti terima kemana-mana cuma pake bedak baby yang coverage-nya kurang banget. Bahkan ada juga orang-orang yang kulitnya sensitif dengan produk-produk skin care atau kosmetik yang menggunakan parfum, alkohol, paraben, dan lain-lain. Ngga heran kalau banyak beauty blogger yang concern banget mengenai ingredient di tiap review produknya.

Apa produk-produk yang bikin kulitmu kusam itu berarti ngga bagus / not recommended?
Seperti yang sudah aku jelaskan tadi, kebutuhan dan kondisi kulit tiap orang itu berbeda. Yang bagus di aku, belum tentu bagus di kamu. Yang bikin kulitku kusam dan jerawatan, belum tentu berefek sama ke kamu. Yang ngga cocok di aku, belum tentu ngga cocok di kamu. Tujuanku bukan untuk mendiskreditkan produk tertentu, tapi pure untuk sharing pengalaman trial and errorku dalam merawat kulit dan mengatasi jerawat beserta noda-nodanya. Lagian, kulitku kusam dan bermasalah kan karena saat itu aku masih doyan coba-coba dan belum bisa memilih skin care yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit. 

Oh iya, cara mengatasi dan merawat kulit yang break out yang tepat pun masing-masing orang pasti berbeda. Jadi, aku ngga bisa bilang kalau caraku yang paling benar (^^)

Orang-orang banyak yang komentar, "Rempong amat sih buat ngerawat muka doang, padahal hasilnya biasa aja,". Bagi orang lain mungkin hasilnya biasa aja. Tapi aku ngerasain perubahan yang makin baik dari kulitku (^^). 

Kalau patokan bagi mereka-yang-komentar kulit cantik itu adalah kulit yang putih, bagi aku patokan kulit cantik itu adalah kulit yang sehat. Kulit putih belum tentu cantik (apalagi putih karena tergerus merkuri hiiiy), tapi kulit yang sehat pasti cantik.

Walau kelihatannya rempong dan ribet, tapi aku menikmati rutinitas ngerawat dan nyembuhin kulitku (terutama wajah). Mungkin hasil jangka pendeknya ngga begitu kelihatan, tapi aku yakin untuk jangka panjang kulitku jadi lebih sehat (^^). Dinikmatin aja prosesnya.

Maaf, disturbing picture (^^;) tapi ini yang paling mendingan.
Ni foto perubahan kulitku pas udah mau sembuh (menggunakan vitacid)
A atas: Jerawat sudah kering. Tapi, bakal jerawat baru siap muncul ke permukaan kulit dahi.
A bawah: Tinggal bekas jerawatnya saja. Sudah ngga muncul bibit jerawat baru.
B atas: Kulit hidungku lebih gelap. Di cuping hidung bagian kanan dan kiri perih banget. Gatau deh itu luka atau apa.
B bawah: Akhirnya "kulit luka" itu jadi kering banget, ngelupas, ngga perih lagi, dan warna hidung akhirnya rata

Pesan yang ingin aku sampaikan (ehm) antara lain:
  1. Kenali tipe kulit dan hal-hal yang bisa memicu alergi pada kulit agar bisa memilih skin care yang aman dan tepat.
  2. Pernah dengar you are what you eat? Kondisi kulit dapat mencerminkan apa yang kita makan (^^)
  3. Jangan mudah tergoda dengan skin care atau make up yang digunakan orang lain dan belum tentu cocok di kulitmu. Cari yang sesuai untuk kondisi kulitmu.
  4. Gunakan produk yang aman dan terdaftar di BPOM.
  5. Harga memang ngga bohong. Tapi, balik lagi ke cocok-cocokan. Mau harganya sejutaan, tapi kalo ngga cocok di kulit kita ya ngga perlu ngotot untuk nerusin pake hanya karena gengsi.
  6. Kalau sudah cocok dengan produk skin care tertentu dan keamanan produk tersebut terjamin, sebaiknya ditelatenin, daripada gonta-ganti malah jadi break out.
  7. Kenali kandungan aktif yang terdapat dalam produk skin care yang kamu gunakan.
  8. Kurangi penggunaan kosmetik, biarkan kulit "beristirahat" saat sedang bermasalah.
  9. Banyak minum air putih.
  10. Sebisa mungkin pola tidur dan makan dijaga.
  11. Olah raga.
  12. Manfaatkan waktu tidur yang berkualitas antara pukul 9 malam sampai jam 7 pagi. Klik untuk baca artikel tentang tidur berkualitas [link 1] [link 2] [link 3].
  13. Stress dapat memicu munculnya jerawat lho. Rawat dirimu dan jalani hari dengan hati yang riang gembira hahaha (^^) 
***

Pokoknya tetap semangat buat teman-teman yang sedang survive menghadapi kulit yang bermasalah \(^^)/
Untuk informasi dan tips seputar jerawat, klik [link] ini.

Thanks for reading ;)

175 komentar:

  1. halo, curcol ahk..
    aku juga punya kisah yang sama, gara2 latah produk beginilah jadinya muka kaya cacaran dan bekasnya susah bgt ilang.
    btw setelah jerawat jinak, cara ngilangin bekasnya gmn?

    BalasHapus
  2. (^^) haaai salam kenal

    Kalau aku ni ya... (^^)
    untuk menghilangkan noda jerawat yg ga mempan pake vitacid (karena dipencetin), aku pake innisfree jeju clay mask (hanya di spot noda).
    Dan skin care yang aku pake TSF tomato line...
    Aku juga rutin scrub dan maskeran pake madu
    Bekas jerawat jadi berangsur-angsur pudar meski ngga instan (^^)

    Ngomong-ngomong jerawat yang dari awal kemunculannya aku pakein vitacid itu ngga meninggalkan bekas jerawat yang bandel lho. Jadi, sekarang kalo aku jerawatan, cuma ngandelin vitacid aja dan ngga aku "korek-korek" (ngga dipencetin ato disentuh-sentuh). Biar pas udah sembuh, jerawatnya ngga ninggalin noda.

    Makasi udah mampir \(^^)/ semoga membantu

    BalasHapus
  3. Wah wah, mantep riviwnya. Ane cowok sis. Tp sibuk lg nyari obat ngilangin bekas jerawat.
    Mau nyobain melanox premium tp masih ragu setelah baca riviewnya :hammer

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo gan,
      sebenernya shimmernya dikit kok dan itu yang bikin muka keliatan jadi cerah dan glowing..
      kalo diliat sepintas ya muka ngga kayak bola disko kok hahaha(^^)

      untuk menghilangkan noda melanox premium ini bagus gan, lumayan cepet ilangin noda kalo dipake teratur.

      btw, melanox bikin celekit-celekit karena mukaku emang sensitif, jadi aku putuskan untuk berhenti.

      \(^^)/ semoga cepet kinclong gan mukanyaa

      Hapus
  4. Hai sis, salam kenal yaa. Numpang curhat juga yah krn sama banget nih aku juga doyan coba-coba ^^. Tapi bedanya waktu aku coba-coba kemaren nekat tanpa coba cari tau dulu produknya sama sekali, main ikut-ikutan pake produk yang temen pake.

    Awalnya dari SMP aku jerawatan cuma hormonal aja, timbul satu-satu kalo si bulan mau datang. Awal kuliah juga bersih, aku masih pake produk-produk pasaran macem ponds, biore, tje fuk juga pernah dan no problemo. Sampe akhirnya mulai agak banyakan dikit waktu awal semester 5, mungkin krn desperado sama tugas yg membanjir kali yah.

    Akhirnya ikutan temen buat konsul ke salah satu dokter kecantikan di daerah jakarta timur. Lumayan deket kampus, biayanya masih manusiawi ga bikin kantong bolong dan so far mukaku membaik. Aku setia di situ sampe hampir 2 taun.

    Tapi dasar ga ada puasnya, akhirnya aku pindah ke dokter kecantikan lain di daerah jakarta utara krn menurut aku waktu itu muka masih kusam, sering jerawatan walau ga banyak dan sempet skip pake perawatannya krn lupa beli stock waktu KKL ke luar kota. Walhasil jrewi-jrewi datang keroyokan lg. Di situ aku cuma bertahan beberapa bulan krn ga terlalu 'ngefek' hasilnya dan lumayan mahal jg.

    Terus aku mulai coba-coba pake krim yang dipake temenku yang ga jelas asal-usulnya. Mulai dari krim dokter Bandung sampe yang terakhir aku malah nekat pake krim ADHA yang dijual di internet. Walhasil jrewi-jrewi cetar membahana keluar semua rata semuka hikssss...

    Finally aku memutuskan buat konsul ke poli klinik RSCM aja atas rekomendasi temen kampus Desember 2012 kmrn. Sama dokternya aku diresepin untuk siang hari pake Medi-Klin gel dioles ke seluruh wajah (krn kondisinya jrewi aku rata semuka) dan Acuatim untuk jrewi yang gede-gede sama Vitacid 0,05% buat malem dioles ke seluruh wajah.

    1 minggu pertama belum ada perubahan signifikan, jrewi masih nongol dan ga ada pengelupasan sama sekali. Masuk minggu ke 2 jrewi masih nongol dan mulai ada pengelupasan di sekitar wilayah bibir, kaya ada rumbai-rumbainya gitu LOL. Pertengahan sampe akhir Desember aku pulang kampung dan di situ keadaan mukaku tambah parah! Mungkin itu aku lagi masa purging dan keadaan cuaca sm air yang beda bgt kaya di Jakarta. Tapi aku pasrah aja, stay cool ^^

    Akhirnya awal Januari aku kontrol ke RSCM. Dokternya rada bingung krn sebelumnnya jrewiku banyak tp kecil-kecil. Terus dokternya ngasih tindakan KIL (suntik jerawat) dan bersihin komedo. Aku udah pasrah aja krn pasti sakit dan lama tp ternyata sebentar dan ga terlalu terasa sakitnya! :D Terus aku dikasih obat minum juga namanya Doxycycline.

    2 mingguan aku masih purging dan sempet suntik jrewi juga ke dokter kecantikan lain krn poli kulit RSCM tutup pendaftarannya cuma sampe jam1 jd aku ga sempet kesitu. Aku suntik jrewi hampir semuka karena full jrawat batu dan sakit bangettt cekit-cekit T.T

    Masuk ke minggu akhir Januari, sepertinya jrewi-jrewi udah mulai minggat ga nongol lagi, yippiiiiiiii ^^ Aku akhirnya stop pake medi-klin dan akuatim, tapi Vitacid masih aku lanjutin sampe sekarang. Kondisi mukaku sekarang udah ga timbul jrewi lagi, cuma krn bbrp hari kmrn aku tidur telat terus jadi timbul jrewi satu-satu tp ga sampe 3 hari langsung binasa kok gara-gara Vitacid ^^

    Besok baru mau kontrol lg ke RSCM krn masih berjuang dengan bekas jrewi yang masih merah-merah dan bolong di beberapa titik hiksss, semoga bisa segera pulih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Bella...
      Salam kenal jugaa :D

      Kurangnya pengetahuan dasar tentang skin care dan kulit itu memang menjadi problem di masyarakat kita. (^^)
      Awal aku bener-bener serius ngeblog 4 bulan terakhir ini pun karena aku pengen berbagi informasi untuk orang-orang yang mengalami masalah kulit (kurang lebih) seperti yang aku alami.

      Waktu mengalami break out, aku bener-bener blank gatau mesti ngapain.
      Aku udah bener-bener skeptis sama yang namanya pusat skin care, apalagi yang dokternya ga kompeten...
      Makanya walau ibuku udah nyuruh aku ke dokter, ya ngga aku turutin...
      Soalnya dulu aku takut banget mukaku celekit-celekit "disakitin" (lagi) sama terapis/dokter dan break out (lagi).
      Terlanjur trauma mungkin yaaa.

      Aku salut dengan kamu yang akhirnya memutuskan untuk berobat ke dokter dan berani disuntik.
      Woooww! :O
      Beda dengan aku.. (._.)

      Sebelumnya aku coba ngatasin jerawat tanpa bekal pengetahuan yang memadai dan justru malah memperparah jerawatku. (^^)
      Sampe akhirnya aku nemuin blog yang review tentang vitacid dan ternyata it works well for me too...

      Sekarang kondisi kulitku udah lebih baik daripada tahun lalu, meski jadi sensitif banget hiks.
      Btw, mukaku juga ada "bolong-bolong" bekas jerawat ni hahaha

      Semangat ya beeell,
      Semoga kulit wajahmu bisa cepet kinclong dan sehat kembali ;D
      Terima kasih banyak udah mau berbagi pengalaman di sini :D
      Good Luck!

      Hapus
  5. hai..nama aku nadia dr malaysia...dalam tulisan kamu td kamu nyatakan kamu prnh ye try a-dha skincare?gmana hasilnya?enggak cocok sama kamu ya?aku ingin skali try adha itu tp enggak brani...jdnya skrg ini tanya2 lg sama org yg prnh coba adha...bole x kamu reply di email aku nnt? N_dhea@yahoo.com mohon jasa baik kamu ye utk reply=)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai nadia, salam kenal (^^)
      Yang menggunakan krim A-DHA itu bukan aku, melainkan visitor blog yang meninggalkan comment di postingan ini.
      Thanks for stopping by :D

      Hapus
  6. Hai ka :)
    akuu juga punya pengalaman yg sama , aku jadi korban iklan udah berobat sana sini tapi tetep aja jerawatan sekarang mukaku tinggal bekas jerawatnya aja dan ada bintik bintik gtu pas mau dapet muncul lagi deh , sering deh kalau lagi ngaca aku suka nangis :'( sama dokter, aku dianjurin memakai melanox cream tapi setelah search di internet tentang itu , banyak yg bilang hasilnya bagus tapi ada efek sampingnya , aku takuut pakenya , soalnya muka ku sekarang sensitif bgt dan alergi sama yg berlemaklemak :'( gimana yah cara ngilangin bekas jerawatnya ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo salam kenal yaa,
      selama pemakaiannya diawasi dokter (yang notabene udah kompeten), aman-aman aja kok :D Toh bukan untuk pemakaian jangka panjang. Setauku hidrokinon berbahaya kalo digunakan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Kalo dipake sampe noda itu pudar, apalagi dalam pengawasan dokter, ya jelas aman :D Misal nodanya pudar kan langsung berhenti pake melanoxnya hehehe. Kamu tanya-tanya aja tentang efek samping, kontraindikasi dll sama dokternya biar lebih yakin ;D

      Oiya, melanox premium yang aku posting ini yang skin care harian, ngga mengandung hidrokinon. Kalo yang biasa diresepin dokter itu melanox krim yang kemasannya kayak odol kecil kan ya? :D

      Yang sabar yaa, semoga cepet kinclong kulitnyaa :*

      Hapus
    2. Aku belum coba beli ka , kayanya sih iya yang bentuknya kaya odol gtu , aku search internet efek sampingnya itu gatelgatel sama kemerahan
      amin yaallah , terimakasih kaka ;)

      Hapus
  7. hai salam kenal :)


    aku juga mengalami masalah jerawat ni,
    aku pernah pake krim dari dokter dan masalah jerawataku selesai tp sempet beberapa hari aku lupa pakai krimnya dan kulitku jadi kasar bruntusan dan muncul jerawat. lalu kata dokter suruh lanjutin pemakaiannya terang saja langsung sembuh tp aku sengaja gak pake seminggu kulitku jadi kasar bruntusan lagi. lalu aku ganti dokter 1bulan pertama langsung halus kulitku tp aku perlakukan seperti sebelumnya dan kulitku beruntusan.


    akhirnya aku gak pakai semua krim dokter, lalu aku pakai bless resurfacing tp ternya dengan kondisi muka yg lg jerawat kurang bekerja lalu aku ganti pake the history of whoo hwahyun lumayan mukaku sudah gak kasar dan bruntusan (bukan jerawat). malam aku pakai whoo, dan siang pakai lotion hadalabo goku tp di hidung jd byk komedo. sekarang masih pakai whoo dan karena desperate pake juga tuh lotin jerawat sariayu but not works on me. jerawatku bukan jerawat tipe pustule yang ada ada puncak putihnya itu tp seperti beruntusan kalo aku baca di http://www.thelovevitamin.com sih itu whiteheads yang dulu aku salah artikan sebagai komedo. sekarang sih masih bingung cari skincare yg cocok, masih pny stock bless, whoo, sm baru beli sophie martin perfect skin night treatment -____-

    i don't know what to do

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal juga :D

      Aku juga pernah mengalami masa-masa udah ngga tau mesti ngapain :'( I know that feeling sista...

      Masalah kulit kadang ngga karena faktor eksternal aja sista, tapi bisa jadi karena faktor hormon, pencernaan, dll.

      Coba sista searching-searching tentang detoksifikasi untuk ngeluarin toksin dan
      ampas-ampas metabolisme. Karena "ampas-ampas" yang tertinggal di tubuh bisa jadi penyakit dan masalah kulit :D Jadi ngatasinnya ngga cuma dari luar, tapi dari dalam juga.

      Detoks yang paling simple itu puasa (seminggu sekali misalnya), banyak makan makanan berserat, sayur, buah, minum teh hijau (tanpa gula), dan lain-lain. Dari pengalamanku, ini ngefek banget sist :D Mulai tahun lalu, aku biasain mengurangi minum air dingin, minum air putih minimal 2,5 liter per hari, dan coba detoksifikasi. Kondisi kulitku jadi lebih baik sist :D

      Semoga cepet kinclong kulitnya sistaa :D amin amin amin.

      Hapus
  8. Halo mbak salam kenal :)
    Aku mahasiswa semester 4 , dulu pas SMA mukaku fine-fine aja cuma pke pelembab sama pembersih muka Garnier. Sekarang rajin facial sebulan skali, nyobain masker (gara2 korban iklan) kok malah jadi jerawatan gini ya. Hiks. Maunya si lebih kinclong. Eh skrg jadi kusem ama jerawatan mbak :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga salam kenal :D
      Waa aku ngga tau deh itu karena facialnya atau karena maskernya :( maaf yaa ngga bisa bantu hiks...

      Coba kamu inget-inget lagi, apa kamu lagi dalam masa-masa stres (banyak pikiran), apa kurang bersih bersihin kulit wajah, apa ada kandungan dalam produk yang kamu pake sekarang yang ngga cocok di kulitmu, apa tempat facialnya menggunakan alat-alat yang steril, pola makan dan tidurmu bagaimana, dan lain-lain.

      Kalau aku sekarang, kulitku jadi kusam karena pola hidupku yang lagi ngga teratur (jam tidur dan makan berantakan banget), stres, dan pms.

      Semoga kamu cepet kinclong dan cerah yaa kulitnyaa :D amiiiinn.

      Hapus
  9. mba salam aku lagi diradang jerawat ni bermula liburan semester kemaren ga gurus muka jadi sampe sekarang
    tiap malem udah minum teh hijau loh sama madu aku juga puasa dau (sehari puasa sehari ga ) ada masalah dimana lagi ya :( aku juga ga berani pakek produk sembarang kecuali yang sudah ber SH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo :D salam kenal yaa...

      Aku pun awal-awal ngerubah pola hidup juga masih jerawatan dan kusam. Lamaaaaaa banget baru kerasa perubahannya (hampir setahun). Kuncinya tetep sabar dan telaten, biar kita ngga gegabah ngatasin jerawat :D

      FYI dengan kamu minum teh hijau, madu, dan (bagusnya lagi plok plok plok *tepuk tangan*) kamu puasa daud, yang artinya kamu laksanain detoksifikasi. Fungsi detoksifikasi buat ngeluarin racun-racun dalam tubuh kan yah, nah.. salah satu "cara kerjanya" itu bikin bibit jerawat yang mendem jadi keluar semua CMIIW xD

      Kulit adalah cerminan kondisi internal tubuh kita. Pilih mana hayoo, jerawatnya dipiara di bawah permukaan kulit atau dimatengin? hehehe...

      Teruuuuuss, ini beberapa pertanyaan yang dulu aku tanyain ke diriku sendiri saat aku lagi gegalauan what-should-I-do masalah kulit muka.... :D

      Udah rutin olahraga? Minum air putih minimal 2,5 liter per hari? Udah kurangin makan makanan yang ber-msg snack/mie instan dll)? Udah banyak makan sayur dan buah?

      Kualitas air di rumah bagaimana? Kapan jerawat itu bertambah, pas pms/stres/dll? Cara bersihin mukanya gimana, udah tepat belum? :D

      Handuk buat wajah dan badan udah dipisahin? Sebelum cuci muka atau pake pelembab tangannya udah bersih belum? Sering megang-megang wajah dengan jari yang ngga bersih? :D

      Apa aja komposisi produk skin care yang dipakai, sesuaikah dengan kebutuhan kulit yang sedang berjerawat? Udah rajin pake sunblock/sunscreen minimal spf 15? Sering makan makanan yang berlemak atau gorengan? :D

      Semoga membantu yaaa :D
      Semoga cepet kinclong clong kulitnya :* amin amin amin

      Hapus
    2. aaah mba maaf ya aku baru buka lagi hehehe :)
      sekarang pola makanku ga keatur deh :( efek jd gembel daerah orang ehhehee
      tapi udah agak mendingan ini pakek sariayu lagi treatmen kayu manis sama madu kalai aja ada hasil ehhee

      Hapus
    3. aku juga belakangan ini pake kayu manis buat ngatasin jerawat :D tapi aku tambahin tepung beras dan kunyit biar ga celekit-celekit heheheh xD

      Sukses yaaa treatmentnya ;D

      Hapus
    4. baru kepikiran deh mba jangan2 jerawtku ga hilang gara2 hobykun minum teh hijau karena kafein juga menimbulkan jearawat dan menganggu pola tidur juga :)

      Hapus
    5. Setau aku, teh hijau bakal bikin susah tidur kalo diminum sebelum tidur dan mengurangi nafsu makan kalo diminum sebelum makan. Maka dari itu, minum teh hijau itu dianjurkan di sore hari, ngga boleh berlebihan (1-2 hari sekali, segelas kecil atau sedang) dan mesti tepat cara minumnya :D

      FYI kafein dalam teh hijau itu ngga sebanyak kopi atau teh biasa :D jadi menurutku pinter-pinternya kita aja gimana konsumsi teh hijau dengan tepat supaya yang kita dapet ya manfaatnya, baik untuk kulit khususnya dan kesehatan kita secara keseluruhan.

      Baca postingan ini Manfaat dan Cara Mengkonsumsi Teh Hijau :D

      Coba kamu cek area wajah mana yang paling rentan kena jerawat. Dari situ juga bisa diketahui penyebab jerawat. Misal jerawat di dagu dan sekitar rahang itu karena masalah hormonal, seperti stres, pms;

      dahi itu biasanya karena masalah pencernaan, kelebihan zat lemak, atau karena rambut yang ngga bersih;

      di pipi biasanya karena ga bersih bersihin muka, sarung bantal dan sprei ga bersih, masalah pencernaan, skin care/kosmetik yang ga cocok, dll;

      di hidung itu karena gangguan pencernaan dan sirkulasi darah yang ga lancar misal dibarengi dengan kulit terkelupas.

      Oh iya, kualitas air dan udara lingkungan juga berpengaruh banget sama kondisi kulit :D

      Semoga membantu yaa :D

      Hapus
    6. aaaah dear emang aku kalau minum teh hijau pas mau tidur salah total deh :( jerawatku dijidat nih kamu tau kenapa penyebabnya?

      Hapus
    7. xD yaitu tadi yg udah aku sebutin di atas... Biasanya karena ada masalah pencernaan, shampoo ga cocok, rambut ga bersih, atau kelebihan zat lemak (baiknya kurangi makan-makanan berlemak dan gorengan) :D

      Hapus
    8. aaaaah iya banget kamu :) sepertinya harus sbar :((

      Hapus
  10. Mba saya anak SMA udah mau lulus nih, bntar lagi acra prpshan skolah,, stress mikirin muka yg bnyak jrwat + noda hitam :( ,, dlu wktu smp awalnya sih mka sya bnyak noda bkas jrwat aja, trus sya ikutan tmen mke cream yg mngndung hidroqiunon alhasil 2 minggu nda bkas jrwat hlang + tmbah ptih,pkoknya kinclong deh,, smpe klas 3 SMA bru ada efeknya, coz sya udah sbulan inih brhnti mkai ksmetik itu (sdar akn bhaya), alhasil mka sya jrwatan + noda hitam bnyak,, sya pusing brjuang Break out, skrang sya bru aja pkai Tje fuk untuk prtma kli nya,tpi beli yg cream mlam aja(coz mahal) buat mngmblikan ini muka yg udh trlnjur rusak, mnurut mba Aman nggak sih, kra" klo ccok pkai tje fuk hsilnya kya gimana ?? Prlu brpa lma nggu hsilnya ?? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo :D

      Kalo mau jujur ya, di antara sekian banyak produk pencerah wajah, kulitku paling cerah pas pake tje fuk hahahah xD Cerahinnya lumayan cepat, sekitar 3-4 mingguan (penggunaan day+night cream). Tapi tiap orang bisa beda ya... :D Hanya saja, :( untuk menghilangkan noda bekas jerawat butuh waktu yang lumayan lama di kulitku :D Misal noda bekas jerawatnya ga kunjung ilang, kamu pake concealer aja pas perpisahan...

      Tje fuk aman-aman aja kok :D Setelah sempat break out, mukaku kan jadi sensitif banget tuh, nah pas nyoba tje fuk lagi, aku ga bisa mentolerir sensasi celekit-celekit krim malamnya, makanya aku putuskan untuk berhenti :D Itu celekit-celekit karena ada stearic acidnya (gunanya untuk penetrasi kandungan aktif dalam krim ke kulit), selama kamu bisa mentolerir atau ngga rasain celekit-celekit itu ya ngga masalah.

      Dulu aku juga pengen beli night creamnya doang (170-180an ya harganya?). Tapi setelah dipikir-pikir, krn day creamnya (mirip alas bedak) bikin muka bener-bener tampak lebih cerah akhirnya aku beli sepaketan gitu deh (sekitar 230an ribu kalo ga salah). Cuman yaitu, day creamnya nyumbat pori. Jadi kalo ngga bener bersihin mukanya bisa jadi komedo. :D

      Hapus
  11. sista.. untuk ngilangin bekas jerawat pake apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk hilangin bekas jerawat aku pake masker kunyit sist :D tapi lumayan lama ngilanginnya sekitar 1,5-2 bulanan (di kulitku)

      Cek di link ini
      masker kunyit

      Hapus
  12. Salam kenal...sekarang lagi sedih banget, gara gara ga cocok perawatan di salah satu dokter di malang mukaku jadi kluar jerawat keci kecil rata di pipi kiri kanan..truz aku googling,nemuin vitacid..aku pake yang 0.05, jerawat kok jadi banyak yang kluar ya?mateng2 gitu..aku pake baru 12 harian...kok jadi banyak yang muncul...minta sarannya ya jeng...makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, salam kenal juga.

      Kalo pake vitacid emang seperti itu :D jerawat yang sebelumnya ngga ada, malah keluar dan makin menjadi. Kondisi kayak gitu yang dikenal dengan purging. Biasanya purging dialami sama kulit yang bermasalah banget, jadi bibit-bibit jerawat yang ada di bawah permukaan kulit keluar (mateng) semua. Kulit pun jadi kering dan ngelupas. Aku juga sempet putus asa, hopeless... Tapi disabar-sabarin aja sis :D sekarang kondisi kulitku jauh lebih baik.

      Saranku banyak minum air putih, kurangi makan yang berlemak dan gorengan, olahraga, dan perhatikan sabun pencuci muka. Biar aman, waktu pake vitacid aku cuci mukanya pake oatmeal.
      Klik link ini
      Cuci Muka Pake Oatmeal

      Tentang vitacid udah ada postingannya sendiri.
      Klik link ini vitacid 0,025% dan 0,05%

      Hapus
  13. Kira2 pemakaian vitacidnya brp lama y?br minggat smw jerawatnya...sumpah jadi ga PD mw kluar2.. Hikz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung :D Kalo dari pengalaman orang-orang dan pengalamanku pribadi, bulan pertama emang diwarnai dengan purging, bulan kedua-ketiga baru deh jerawat munculnya ngga keroyokan dan jarang banget muncul.

      Hasil terbaik diperoleh dengan pemakaian sekitar 6 bulan :D Tapi kalo aku, pas jerawat udah berenti (ngga nyampe 6 bulan), ngga aku lanjutin, my bad xD Aku ganti skin care untuk memudarkan noda bekas jerawatnya hihihi.

      Hapus
  14. hai sai..waktu pake vitacid kosmetiknya di stop kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga saai ^^ yup waktu itu aku stop pemakaian kosmetik. No foundation, no bb cream. Dulu, kalo ada acara, aku cuma pake bedak tabur bayi, tapi belakangan aku stop karena nyumbat pori-pori. Akhirnya aku pake bedak dari acnes, brand yg emang khusus buat kulit berjerawat ^^ Sejauh ini ngga masalah, malah lumayan bantu ngeringin jerawat hehe.

      Kalo berkegiatan harian yang mewajibkan untuk menggunakan kosmetik sebaiknya cari yang aman untuk kulit yang rentan berjerawat ^^ pas bersihin make up, juga mesti bener-bener bersih, biar ngga memperparah jerawatnya.

      Hapus
  15. hai mbaa.. aku selena, mau tny nih :) mba kan uda pernah pake ponds flawless white, nah hasilnya gmn? bisa ngilangin bekas jerawat ngga? soalnya diiklannya gt (haha korban iklan :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo selena ^^ salam kenal yah...
      Hasilnya bagus, muka jadi merona pink. Kalo dari pengalamanku, ngandelin night+day creamnya doang buat ngilangin bekas jerawat itu lamaaa. Dulu karena ngga sabaran dan gregetan liat bekas jerawat, aku pake spot serumnya juga ^^ lumayan cepet, kurang lebih sebulan bekas jerawat udah mulai samar.

      Hapus
  16. Hai kaka,, nama aku tihan ..
    Mau curhat juga nih soal jerawatku yg menyebalkan ini,,
    Aku sekarang sma kelas 2,,
    Dulu waktu smp sampe kelas 1 sma aku pake obat usulan temen mamaku yg merk-nya itu ga di ketahuin ka,, blangnya sii itu resep dri dokter dan bnyak artis yg pake. Seperti syahrini / melley goeslow,, aku mengalamin perubahan yg sangat baik,, mukaku bersih dan kinclong tanpa jerawat sedikitpun terkecuali pas PMS aja hehe :D

    Nahh disini lah ka,, letak kekecewaan ku pada obat cream tersebut,, semenjak mamaku tidak membelikan obati itu lagi karna mukaku jd putih bnget kaya mayat, hehe
    Mamaku putuskan untuk berhenti aja pake obat itu.

    Sampai pada akhirnya,, setelah aku menggunakan bnyak obat bermacam merk dr yg murah sampai yg mahal mukaku jd parah, penuh jerawat dan kusam serta hitam bngett dehhhh -_-"
    Aku dr pake merk" yg pasaran sampe yg di online aku cobaain smuanya,, :( yg ada sekarang kulit aku parah bnget kakak ...

    Kira" kaka ada solusi ga bwat aku biar muka aku kinclong tanpa menggunakan cream" yg ketergantungan,, dan mudah di peroleh ...

    Mohon bantuannya kaka ... :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Tiha :D salam kenal yaa
      :'( turut berduka buat kondisi kulit kamu yah...

      Kamu udah baca postinganku yang ini? Klik link Perawatan dan Skin Care Berbahaya

      Aku curiganya kamu pake krim gajebo yang mengandung merkuri atau bahan berbahaya lainnya yang ngga bisa digunakan dalam jangka lama :( karena gejala dan keluhan yang kamu alami, serta pengalaman menggunakan krim yang ngga jelas produsennya itu kurang lebih sama dengan yang dialami orang-orang yang sebelumnya menggunakan krim bermerkuri :'(

      Coba kamu klik 2 link ini
      Fanpage Facebook : Berbagi informasi tentang Krim racikan abal-abal ngga jelas dan berbahaya

      Tips Cerdas Belanja Produk Kecantikan Agar Tidak Membeli Kosmetik/Skin Care Berbahaya

      Solusi yang aku saranin adalah segera ke dokter kulit yang bener-bener kompeten dan terpercaya mutunya di kota kamu. Karena kulit kamu sangat butuh pengobatan dan penanganan secara medis oleh dokter.

      Hope everything's gonna be fine :')
      Semoga kulit kamu bisa kinclong kembali amin amin amin
      Semangaaaatt!! *Peluk cium dari jauh*

      Hapus
  17. aku juga pernah ngalamin seperti itu awalnya muka aku bisa ja pake ponds yang cuma 10ribuan
    trus ganti pke olay eh muka bruntusan kecil2 trus aku ke dokter kulit muka bersih lagi skarang pke apa2 jadi bruntusan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waa semangat :D Coba rutin maskeran pake madu atau lidah buaya sis buat ngerawat kulitnya hehehe.
      Makasih udah mampir :D

      Hapus
  18. Aku pernah ngalamin kamu kyk gitu. bruntusan dan kering kyk nenek2 gara2 abis pake sariayu pelembab.
    akhirnya pas setelah kedokter, kulitku g bs pke yg aneh2.
    akhirnya disarankan pelembab muka pake cusson baby cream yg cup, sabun cuci muka pke sabun batang bayi, bedakpun bedak bayi.
    Alhamdulillah sampai sekarang g pernah lagi bermasalah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa syukurlah ya :D

      Kalo sekarang mukaku udah mendingan walo ngga separah tahun lalu. Tapi jadi lebih ati-ati milih skin care dan emang yang banyak membantu pemulihan adalah rutin maskeran pake resep tradisional (kunyit+madu) dan perbaikin pola hidup :D

      Hapus
  19. kalo pake vitacid buat ngilangin noda jerawat doang bisa g??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa :D tapi agak lama.

      Btw, jerawat yang dari awal kemunculannya udah dipakein vitacid, ngga diutak-atik, dan ngga dipencetin biasanya ngga meninggalkan bekas sama sekali :D

      Hapus
  20. Hey...
    kalo mediklin bikin purging parah nggak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hey juga :D

      Parah atau tidaknya itu tergantung seberapa bermasalah kulitmu atau seberapa banyak bibit-bibit bakal jerawat yang mendem di bawah permukaan kulit.

      Purging itu sebenernya bukan momok yang menakutkan karena sifatnya individual banget. Kulit yang tidak begitu bermasalah biasanya ngga mengalami purging yang parah, bahkan ada juga lho yang ngga mengalami purging sama sekali (langsung kering dan sembuh gitu jerawatnya) :D

      Oh iya, sebaiknya saat melakukan treatment luar, juga ditunjang dengan pola hidup sehat untuk mempercepat penyembuhan :D

      Hapus
  21. akupun mengalami hal yg sama. hikss. waktu SMA kulitku juga ga prnah jerawatan, dari SMP aku sdh pakai produk ponds. smpai pada akhirnya pas aku kuliah smster 4 aku coba pakai olay. semuanya bermula dari sana. mukaku langsung merah dan timbul jerawat. akhirnya aku di saranin sama temanku yang pakai produk a-dha. selama setahunan aku memakai produk itu dan memang kulit jadi cerah dan bagus, cuma jrawatnya masih ada tapi sedikit. karena emang dasar manusia (hehe) ga prnah ngerasa puas aku nyobain krim rekomendasi dari tante aku, dia pakai krim itu cocok dan kulitnya jadi bagus. nah, kemudia aku nyobain itu. dari situlah jerawatku paraaaaaaah bangeeeeet pkoknya. jerawatnya ga normal. gede-gede banget. akhirnya aku coba berobat ke RSUP FATMAWATI. tindakan pertama mukaku di suntik disana. tujuannya untuk mengeluarkan zat kimia yang ada diwajahku. diberikan obat makan dan obat oles dimuka. alhamdulillah sekarang tinggal bekasnya saja. sekarang sedang mengikuti treatment peeling di RSUP fatmawati, sekali treatment 356rb, gada 15 menitan udh kelar. hikssssss. lumayan mahal dan cukup bikin kantong jebol huhu. apalagi sekarang lagi nyusun skripsi dan sedang banyak pengeluaran untuk penelitian. hiksss.. kira2 cara alami utk ngilangin bekas jerawat gimana ya? biar gausa balik peeling lagi nih :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga cepet kinclong lagi ya sis kulitnyaa ^^ amiiiiinn

      Kalo aku maskeran pake kunyit,kayu manis, madu, dan tepung beras sis :D sama pake hada labo essence ultimate whitening, tapi lumayan lama pudarnya. Ada bekas yang 1 bulanan ilang, ada juga yang 3-4 bulanan. Sejauh ini aku ngerasain maskeran lumayan bantu mudarin bekas jerawatku :D tapi kalo pake kayu manis dan kunyit itu biasanya bikin celekit-celekit di jerawat, jadi kalo yg ga tahan, takarannya dikurangi.

      Hapus
  22. hai sis, aku udah pake vitacid dari 3-17 april 2013 trus di distop 5 hari dan pake lagi selang seling, hari ini pake trus beso ga pake selama seminggu. trus aku stop 2 minggu mauj liat perubahan wah jerawat2 kecil ga tau dari mana muncul nih, trus terpikir pake vitacid lagi yang 0,025 karena tanggung banget deh, minggu kemaren tgl 13mei aku pake lagi smpe sekrang nnti di stolp selasa minggu depan supaya pas 2 minggu dan di stop lagi,, sekarang masih purging hadeh :( timbul jerawat baru tapi cepat kering, terus ada 1 jerawat batu di pipi kanan,, apa pake trus yha?? sis [ake vitacid brpa lama trus jerawatnya berkurang? ada pin bb atau no hp ga?? klo ada kirimm ke emailku merry.rumagit@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai sis, sepertinya itu emang reaksi umum kalo pake vitacid :D Kalo dulu aku dan beberapa temenku tetep lanjutin pake sampe akhirnya jerawat munculnya cuma satu-satu. Aku saranin sista juga perbaikin pola makan dan tidur. Minum air putih minimal 2,5 liter per hari :D mesti ngerawat dari dalam juga biar cepet sembuh jerawatnya.

      Untuk pengalamanku pake vitacid bisa dibaca-baca di link ini --> Vitacid 0,025% dan 0,05%

      Hapus
    2. iya sis udah aku baca,, waw smpe 3 bln pake ya sis,,
      aku mau naya kan aturan pake ga boleh lebih dari 2minggu ya,,jadi kulitnya bisa istirahat dulu,klo sis pke kemaren rutin ya tiap hari tanpa ada stop beberapa hari setelah 2minggu??

      Hapus
    3. Iya sis, aku pake tiap malam...

      Maksudnya ngga boleh lebih 2 minggu gimana sis? Setauku di keterangannya gini (ni aku copy dr websitenya) --> VITACID® CREAM, sebaiknya dipakai sekali sehari, sebelun pergi tidur, pada kulit dimana terdapat jerawat. Oleskan pelan-pelan dan tipis sampai menutupi semua tempat yang terserang. Sediaan ini dapat dipakai dengan menggunakan ujung jari, kain kasa atau kapas. Apabila obat ini dipakai secara berlebihan (kalo sepengalamanku maksudnya dipake tebel-tebel), maka tidak akan memperoleh hasil yang lebih baik atau lebih cepat melainkan dapat terjadi kemerahan yang jelas, pengelupasan atau gangguan lainnya. Pada pemakaian mungkin timbul rasa perasaan panas atau timbul sedikit pedih yang bersifat sementara. Bila dianggap perlu untuk sementara menghentikan pengobatan atau mengurangi seringnya pemakaian. Pengobatan dapat dilanjutkan kembali bilamana penderita telah tahan. Selama minggu-minggu awal pengobatan seolah-olah terjadi peningkatan peradangan. Hal ini disebabkan oleh khasiat pengobatan yang bekerja pada komedo dan papel jerawat yang dalam, dimana sebelumnya tidak tampak. Pada umumnya hasil-hasil pengobatan sudah dapat dilihat setelah 2 atau 3 minggu, sedangkan hasil yang optimal dapat diharapkan setelah 6 minggu pengobatan.

      Tapi kalo kata beberapa dokter hasil terbaiknya diperoleh dalam 6 bulan pengobatan sis cmiiw ^^; cuman aku ngga pake sampe 6 bulan.

      Hapus
    4. iya sis,, aku cuma baca di sanggi.net/?p=769 , katanya sih gitu, tp gpp yapake trus sis skrg jerawat2 udah pada mateng jadi berwarna kuning sis tapi ada juga yg timbul baru masih purging ya itu sis?? ohya aku juga udah beberapa minum darsi sis biar dari dalam juga ada pembersihan, ohya sis dileherku juga ada beberapa jerawat aku udah beberapa kali pake vitacid juga itu boleh utk leher juga sis?

      Hapus
    5. Mungkin maksudnya kalo ada reaksi2 perih, panas, yang ngga bisa ditolerir pemakai baru diistirahatin. Dulu aku ga istirahatin kulitku pake vitacid ^^; aku pake terus sampe purgingnya selese hehehehe...

      Iya sis, masih purging berarti ^^;

      Kalo aku yang paling berasa ngefek ngerawat dari dalam itu minum air putih min 2,5 l per hari, teh hijau tanpa gula, dan kurangi makan gorengan+berlemak :D aku pernah coba darsi tapi ngga gitu nampol kalo pola makan dan minumku juga ga diperbaiki :D Coba sist maskeran pake madu asli juga, itu bantu ngatasin jerawat dan menghaluskan kulit.

      Sepertinya boleh sis :D asal tipis-tipis aja pakenya. Temenku malah ada yg buat ngatasin jerawat-jerawat di punggung ^^

      Hapus
    6. gitu ya sis, jadi kudu sabar juga ya pake vitacid ini sis hehe,, ya aku pake2 aja trus kali aja 1,5-2bulan udah baikan kyak sis tp lebih cepat lebih baik nih purging selesai ^^

      sis aku kan pake parasol ya sunbloknya ternyata itu tiap 2 jam ya harus diolesin? wah selama ini aku pake sekali aja pas pagi , pencuci muka ttp pake clean n clear anti jerawat kyak kata dokter kulit dulu 2 tahun lalu aku pernah jerawat parah gede2 trus ke dokter kulit dikasih obat minum dan mediklin tapi sekarang aku pake mediklin kemaren ga ngefek gimana lebih cepat pake vitacid, memang sih jerawatku ga separah dulu ini sih kecil2 tapi di banyak tempat sis.

      gpp ya pake madu asli ?? bagusnya pakenya gimana? madunya bisa dibeli di apotik?, jadi stop vitacid n parasol gitu sis?? hehe aku bnyak nanya sis :D

      Hapus
    7. iya sis, ngga cuma parasol :D sunblock/sunscreen lain juga perlu dipake lagi, sekitar 1,5-2jam sekali :D tapi biasanya aku sekali oles doang soalnya ga pernah lama-lama beraktivitas di luar ruangan heheheh xD

      maksud aku maskeran pake madu sis :D biasanya abis isya gitu, sebelum pake krim malam ato vitacid, aku maskeran dulu pake madu (diolesin ke permukaan kulit wajah, tunggu 15-20 menit, kemudian dibilas) :D madunya sebagai perawatan pendamping sis, bukan pengganti vitacid-parasol. Madu biasa juga bisa :D dimana aja ada kok sis, kayak indomaret, hypermart, dll :D

      Kalo ada waktu ntar aku posting tentang masker yang biasa aku pake pas lagi jerawatan xD udah banyak yg nanyain juga hehehe...

      Hapus
  23. sama sis, aku juga kebanyakan didalam ruangan ga panas2an juga hehe

    jadi madu dipake sebelum yam trys cuci muka pake air hangat setelah pke madu? sis pke madu apa kemaren? diposting dong sis :)

    ohya sis jerawat yg besar udah mulai mengecil dan pastinya menimbulkan bekas nantinya hoho..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku cuci muka pake air keran biasa kok sis (air dingin) :D kemaren pake madu al-shifa, sekarang pake madu golden age, belinya di hypermart 30ribuan setoples kecil tapi bisa buat sebulanan...

      Iyap sis :D ni mo difoto-foto dulu tutorialnya hahahah :)) awal juni mungkin baru sempet aku posting xD

      Ntar bekasnya juga ilang kok :D yang penting ngga disentuhh-sentuh, bisa-bisa bekas jerawat yang belum kering malah jadi jerawat lagi hehehehe

      Hapus
  24. oke sis,, nnti aku coba cari madunya hehe

    ditnggu postingannya sis :D

    wah iya sis ada bekas jerawatku yg jadi jerawat lagi,, ga boleh disentuh ya kecuali pas pke vitacid doang kan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sist :D kalo dipegang-pegang ntar ada bakteri yg masuk ato kotoran yang nyumbat, jadi jerawat lagi deh :D

      Oiya, kenali juga area-area yang rentan kena jerawat, misalnya kalo pipi itu bisa karena masalah pencernaan, atau sprei ngga bersih, ngga bersih bersihin muka, ada kosmetik (bedak dll) yg ngga cocok, dll

      kalo dagu dan sekitar rahang itu biasanya karena hormonal, kayak pms, atau stres, pola tidur berantakan, dll

      Dahi bisa karena masalah pencernaan, kelebihan zat lemak, rambut yang ngga bersih, atau ngga bersih bersihin mukanya, dll

      kalo hidung biasanya karena masalah pencernaan, trus kalo dibarengin dengan ngelupas, biasanya karena sirkulasi darah ngga lancar...

      ^^; itu aku lupa sumbernya darimana, tapi begitulah heheheehe...

      Emang kalo mau kulit kinclong itu mesti perbaikin pola makan dan minum juga sis, soalnya kulit itu cerminan kondisi dalam tubuh kita... Karena itu aku rekomendasiin at least rutinin minum air putih 2 liter per hari, simpel tapi efeknya berasa banget :D udah pernah aku post tentang air putih di link ini --> Manfaat Minum Air Putih Teratur

      good luck yaa sist :D

      Hapus
  25. oke sis iya aku udah perbanyak minum air putih jadi sering buang air kecil deh hehe

    sis jerawatku yg banyak didahi sama pipi, didahi udah berkurang tuh sis di pipi yg masih ada klo dihidung cuma dikit trus di dagu tinggal 2,,

    nnti aku nanya2 lagi ya sis hehe jadi bnyak nanya aku ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga awalnya jadi pengen pipis mulu sist hahahahhahahah :)) cuma makin kesini jadi lebih sadar kalo emg butuh teratur minum air putih, apalagi pas bangun tidur sama sebelum tidur :D biar ga dehidrasi... Supaya jumlah air putih yang dikonsumsi pas, bisa googling, ada aplikasi buat ngukur dengan tinggi badan dan berat badan sekian, kebutuhan air putih per harinya berapa liter... Kalo orang dewasa umumnya sekitar 2 liter... Ada aplikasi water your body juga, reminder di hp buat minum air putih...

      kalo aku juga sempet di hair line gitu sis jerawatnya, garis tepi antara dahi dan rambut. Pernah gara-gara shampoo yg ga cocok sama pake ciput yang lembab dan kotor :D cuma sekarang udah kering hehehhe

      iyaaaa sist gapapaaa heheheh santai ajaaa, soalnya dulu aku juga sering nanya2 ke orang-orang pas lagi jerawatan xD

      Hapus
    2. iya sis udah aku googling ternyata 0,03 dari berat badan..uhm krna beratku 45 jadi butuh 1,35 liter air sehari..

      jadi sebaiknya cuci rambut tiap hari ya sis?? soalnya rambutku gampang berminyak lho, mukaku juga gmpang berminyak sis

      ohya sis klo jerawatan pas haid sis gimana?? dipakein vitacid atau dibiarin aja?

      Hapus
    3. berat kita sama sis, tapi kalo aku ngekalkulasi hasilnya 2,4 liter (tergantung kondisi tubuh dan tempat kita tinggal juga) :D cuman pas lagi berjerawat dan lagi ngga sehat, aku sengaja banyakin minum air putih (sekitar 2,5 liter, minumnya tiap beberapa jam sekali) :D oiya, ini situs yg aku pake buat hitung kebutuhan air putih per hari --> Hydration Calculator

      kalo aku kemaren emang karena shampoonya lumayan keras. yang penting jaga kebersihan dahi dan tepi rambut :D biar aman juga pake bandana atau bando, biar rambut ngga berseliweran di wajah :D

      iya sist :D soalnya aku jerawatannya pas lagi pms dan mens

      Hapus
    4. berarti aku kurang tepat hitungnya sis,, jadi sekitar 2,5liter ya sis trus pas jerawatan wktu mens sis pkein vitacid juga ya??

      phya sis mukaku jadi merah2 dan mngelupas nih, jerawat jadi lebih merah2 mmg purging kyak gini ya?? *kaget*

      trus jerawat di leher kyaknya ikutan purging juga sis

      Hapus
    5. coba cek aja sis link hydration calculator di komen sebelumnya :D di situ ada pertanyaan kita tinggal di daerah yang panas ato dingin, suka olahraga apa ngga, dll... Jadi kebutuhan air tiap orang emang beda-beda tergantung kondisi, gaya hidup, dan lingkungannya :D

      iya sis :D aku pake vitacid pas lagi mens atau pms juga soalnya di masa itu aku biasa jerawatan

      coba aja selang seling sehari pake sehari ngga atau kurangi seringnya pemakaian :D coba sista baca lagi deh keterangan produk vitacid cream yang aku cantumin di komen sebelumnya :D cara kerjanya emang seolah-olah ada peningkatan peradangan, tapi sebenernya itu pengobatan buat jerawat yg sebelumnya ngga nampak :D

      Hapus
  26. oke sis,, aku bingung pas mau masukin bert badan brpa pound hehe

    jadi ttp dipke ya sis pas mens

    iya sis menderita juga sama nih purging minggu kedua, soalnya di leher jerawatnya besar sis

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 kg itu 2.2 pound sis :D jadi 45 kg = 99 pound
      semangat siisst :D semoga cepet kinclong kulitnyaa amiiinnn

      Hapus
  27. iya udah sy convert sis hehe..
    iya sis semangat n banyak sabar nih hehe
    amin :D

    nnti klo udah ada perkembangan atau udah kinclong aku kbri lagi :D mksh ya sis

    BalasHapus
  28. hallo kak aku fanny di surabaya mau tanya kak vitacid cowo sama cewe beda ya ? terus di apotik ada ? berapaan ? hehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo fanny, salam kenal yah :D

      ngga ada bedanya :D vitacid itu salep obat, yg beda itu kadar retinoic acidnya, ada yang 0,025%, 0,05%, 0,1%. Hampir semua apotik jual kok. Harganya lupa, kalo ga salah sekitar 30ribuan :D

      Hapus
    2. sekali lg kak fanny mau tanya katanya sabun johnsons baby bath bisa ngilangin bekas jerawat ya kak ? maaf banyak tanya :(

      Hapus
    3. ngga bisa ngilangin bekas jerawat say, tapi (kalo ga salah inget yaa) sabun bayi baby bath biasanya ngga ngandung SLS yang bikin kulit jadi kering dan memperparah jerawat, begituu... :D

      iyaa ngga apa-apaa :D santai ajaa

      Hapus
  29. hai sis salam kenal^^
    Mau crita pengalaman juga nih....
    Awal pertama kali jerawatan itu pas sma klas 1 gara gara nyoba foundation viva, tapi jerawatnya cuma di jidat aja... eh pas naik klas 2 langsung deh tu nurun di pipi tapi langsung sembuh sampe bekas bkasnya cuma pake campuran madu jeruk nipis aja + lifebuoy skin care.. klo untuk prwatan cuman pake bedak baby sama pelembab natur e doang...
    Tapi namanya juga cewe gak prnah puas, maunya pngen lebih:-P
    Pas masuk kuliah smester 2 aku ditawarin pake wardah sama 2temen 2 kampus aku yg udah nyoba
    Langsung deh mampir ke counternya belinya sepaket mulai dari sunblock fac foam pelembab sampe krim malam dgn niat spya muka lebih kinclong gitu, eh taunya malah timbul jerwat, gak nanggung 2 lagi banyaknya sampe pipiku penuh dgn jerawat:’-(
    akhirnya disaranin ama sodara make verile gel sama minum kaplet natur e, awalnya emang ngefek tapi curiga lama lama kok timbul lagi malah lrbih banyak..
    skrg aku udah sem 4 tapi masih sering timbul jerawat mulai dari jerawat bruntusan sampe yg radang mana bekasnya bnyk lagi:’-(
    Bener bener stres dan gak tau harus gimana lagi
    Udah nyoba jeruk nipis madu tomat ampe tu smua bhan bhan dapurnya mama boleh kali aku jadiin obat
    Itu smua udah gak trlalu ngefek di aku.
    Tapi sekarang lagi coba perawatan jerawatnya sari ayu, aku pake yg intensive acne sama lotionnya trus sabun tolk jerawatnya sama kaplet jerwatnya
    Udah 4 hari ni nyoba, blum terlalu gimana gmana sih tapi jerawat yg gede gede pada kering, tapi kok kayak ngelupas gitu dan gak pede kalo mau keluar. Soalnya aku klo keluar pake bb cream dulu, tapi pas di oles ke jerawatnya malah kyak korengan pecah gitu sis..
    Skarang lagi mikirin juga sih cara ngilangin bekas jerwatnya, tapi maunya yg aman biar gak ketergantungan gittu..
    itu aja sis
    Maaf kalo kepanjangan currcolnya^^


    BalasHapus
    Balasan
    1. haai indiraa :D salam kenal juga
      makasih banyak udah berbagi cerita dan pengalaman di sini ^^

      kita emang mesti ati-ati memilih produk skin care yang kita gunakan, soalnya kondisi dan kepekaan kulit masing-masing orang jelas berbeda. Kalo udah cocok coba ditelatenin aja :D

      emang biasanya jerawat mengering dan ngelupas sis kalo ditangani dengan kandungan aktif tertentu :D saranku sih jangan pake bb cream selama masa penyembuhan, biarkan kulit bernapas. kalaupun kegiatannya emg mengharuskan untuk tampil oke, sebaiknya pake tinted moisturizer/bb cream/foundation yg kandungannya bener-bener aman untuk kulit yang rentan berjerawat. cara taunya dengan browsing ttg review produk tersebut oleh blogger dengan tipe kulit yang sensitif atau acne prone (rentan jerawat).

      Selama masa penyembuhan (kalau memungkinkan) cukup pake sunblock aja kalo keluar rumah. soalnya jerawat walopun udh kering masih bisa berubah jadi jerawat lagi kalo kena bakteri dll atau kesumbat lagi... apalagi sekarang banyak bb cream yg udh melenceng dari fungsi bb cream tradisional yg bener2 ngebantu melindungi kulit pasca pengobatan kayak awal pas "ditemukan" di jerman dulu :D

      pede aja sis :D namanya juga masih dalam masa penyembuhan...
      kulit kamu pasti bakal kinclong dan ngga rewel lagi kok ^^ amin amin aminnn

      kalo untuk ngilangin bekas jerawat aku pake HL ultimate whitening essence, tapi agak lama keliatan memudarnya.. gapapa deh yg penting aman... setauku yg reviewnya bagus2 untuk memudarkan bekas jerawat itu serum biokos dermabright, HL essence, melanox cream, melanox premium, the body shop white shiso, banyak banget sis sebenernya :D jangan lupa juga diliat ingredient yg sebaiknya dihindari seperti mineral oil.. soalnya itu bisa nyumbat pori, dan pori yang kesumbat bisa aja jadi jerawat

      btw aku mau share pengalaman seorang beauty blogger, yg wajahnya lagi break out.. mesti tahan mental ngeliatnya.. disturbing picture sih, tapi bikin kita jadi lebih bersyukur dan makin ati2 ngerawat kulit :')

      Skin Ravaged part 1

      Skin Ravaged part 2

      good luck yaa :* semoga cepet kinclong kulitnya, amin amin amin

      Hapus
  30. sis udah sebulan nih aku pake vitacid hehe,, sekarang ya jerawat udah ga terlalu parah purgingnya, tapi ditempat bekas jerawat jadi merah dan ngelupas sis kadang2 perih lho :(
    trus bekas2nya masih merah2 banget,, gimana ya sis?? jerawat sekarang masih ada yg timbul tp salam beberapa hari kering..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa syukurlah kalo udh ga parah purgingnya :D
      iya sist x( emang gitu kalo pake vitacid, kadang perih saking keringnya... itu udh mau sembuh kok, asal jangan diutak-atik2 sembarangan karena masih rentan. aku pernah geregetan sendiri, trus jadi sering aku pegang2 krn perih (dan gemes), akhirnya malah ninggalin bekas jerawat yg "bolong" gitu sis :( jadi sebaiknya jerawat dan noda jerawatnya jangan dipegang2 selama ngobatin... jangan lupa pagi siangnya pake pelembab di area yg kering itu sist ato olesin pake madu.

      waktu kulitku ngelupas merah2 gitu, aku pake oatmeal sis sebagai pembersih wajah dan eksfoliasi yg lembut buat kelupasan di kulit. oatmeal ini yg bantu banget ngeredain bengep2 merahnya mukaku karena jerawat sist :D kalo kamu baca komen2nya pun ternyata ga cuma aku yg radang merahnya bisa lumayan tertangani..

      ini link postinganku tentang oatmeal Cuci Muka Pake Oatmeal

      dan ini video yg menginspirasi aku aku pake oatmeal...
      youtube video : oatmeal for skin

      bekas merahnya jangan diutak-atik2 ato ditowel2 ya sist, ntar malah jadi noda item yang susah banget ilangnya... itu dulu anjuran yang aku sepelein banget x( belakangan deh aku baru nyesel hahahahah

      berarti udah mo sembuh sist kalo purgingnya udh ga gitu heboh, trus jerawatnya cepet muncul, cepet juga keringnya :D sabar aja...

      Hapus
    2. jadi sabar2 terus aja deh hahaa
      jadi berkurang merah2 dimuka klo pke outmeal sis??

      aku sih ga pegang2 sis yg merah2 wpln kadang gatal krna udah kering banget mukaku..

      Hapus
    3. sis aku mau coba pake oatmeal deh tapi brarti aku stop pake clean n clear untuk pencuci muka gitu ya??

      Hapus
    4. huahahahahah T.T iyaaa sis, mau gimana lagi coba selain tetep sabar dan telaten... have a faith aja kalo kulit bakal lebih baik hihihih

      kalo aku sih gitu sist, jadi ga gitu merah meradang dan perih...
      itu biasanya sebelum mandi udah aku pake dulu, trus aku biarin oatmealnya di mukaku selama mandi. setelah basuh badan, baru wajahnya yang dibersihkan.. ibaratnya aku "maskerin" dulu kulit wajahku pake oatmeal waktu aku mandi, begitcuu

      ngga apa2 sis kalo mau pake clean n clearnya juga ^^ buat jaga2 kalo pas kulit kamu lg kotor banget krn debu segala macem abis beraktivitas, bisa banget kok pake pembersih muka pendamping. ato bisa juga oatmealnya dipake pagi hari abis bangun, ntar clean and clearnya dipake setelah beraktivitas seharian kalo dirasa kurang bersih oatmeal ngangkat debunya :D

      Hapus
  31. ohya sis aku udah liat pengalaman seorang beauty blogger haduh ngeri n lemes nih liatnya, bersyukur bnget skrg aku cuma bingung sama bekas2 jerawat yg merah2,,kasian bnaget diaa, gara2 dia pake bb cream atau apa sis??

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga luar biasa speechless, lemes, dan sedih banget sis ngeliatnya :'((( setelah liat itu aku jadi ngerasa ngga pantes banget buat ngeluh.. bikin kita jadi lebih bersyukur :')

      dia beauty blogger ternama singapur sist, jadi diundang buat nyoba facial di klinik kecantikan gitu. nah setelah facial, kulitnya jadi seperti itu x'( sepertinya ada alergi dengan kandungan produk yang digunakan saat facial. dia pun ngga berani menuduh karena penyebab alergi itu belum ketauan secara empiris/ilmiah, yg pasti kulitnya bereaksi setelah facial dan dapet treatment dari klinik kecantikan itu sist..

      buat pelajaran juga untuk kita supaya ati2 milih produk kecantikan dan klinik kecantikan. mesti belajar tentang kandungan yg cocok dan yg ngga cocok di kulit kita, at least kita bisa milih produk yg udah pasti aman di kulit x( tahun lalu aku juga break outnya gara2 facial di klinik kecantikan yg beken di dunia skin care indonesia, sampe sekarang traumanya hahahaha... akhirnya sekarang lebih milih "facial" sendiri di rumah, kulitku baik2 aja dan komedo pun terkontrol xD

      Hapus
    2. iya aku baru baca ulang blognya gara2 ke klinik,,pas liat mukanya ku ga lanjutin baca blog udah lemes duluan :(, aku jd bersyukur trnyta jerawat dan bekas2nya dimukaku ga ada apa2 dibanding dia,aplg kejadiannya bulan lalu, lama tuh baru sembuh yg muka kyak kita aja beberapa bulan apalagi dia..

      sis oatmeal pke air hangat atau dingin yg buat cuci muka?

      sis komedoku dihidung bnyak bnget gimna ya ilanginnya??

      Hapus
    3. iyaaa kasiaan :'( walau misal cepet sembuh, kayaknya untuk beberapa lama agak susah buat dia untuk lepas dari penanganan medis.

      aku pake aer dingin dari keran biasa sist :D

      kalo komedo agak tricky sih ngatasinnya :D perubahannya kerasa (komedo terkontrol) itu setelah rutin dan telaten ngerawat selama beberapa minggu bahkan bulanan.

      aku ngatasinnya dengan rutin scrubbing seminggu bisa 2-3 kali, karena kulit hidungku gradakan banget... kalo lupa discrub bisa jadi kasar banget heheheheh. sekarang aku lagi nyoba face scrubnya sariayu solusi organik, lembut banget ngga nyakitin kulit dan gada mineral oil, paraben, dllnya... bisa di cek di sariayu solusi organik

      nah kan ada tuh komedo2 yg ngga keangkat hanya dengan scrub... aku pake bantuan stik komedo untuk ngeluarin komedonya :D

      sekitar setengah tahunan yg lalu aku mulai pake komedo stick yang dari stainless steel, dengan ujung besi yang padat, melengkung, dan finishingnya halus (ngga nyakitin kulit ato bikin kulit lecet). rasanya ngga sesakit stik komedo murahan yg terbuat dari besi dengan finishing yg kasar (malah ngelukain kulit)... contoh stik yg aku pake itu seperti di link ini ---> stik komedo

      itu versi mahalnya hueheheheh, tapi mau merknya apa juga kualitasnya ga beda jauh sepertinya xD yg kayak gitu juga dijual di counter kecantikannya department store kayak matahari, merknya tammia (tapi sepertinya ga tersedia di semua matahari, ada yg ngga nyediain soalnya) harganya 30an ribu.. kemaren pas ngider di gerai the body shop juga ada tuh :D harganya sekitar itu juga... tapi worth it banget karena bisa dipake lamaaaaa, asal ga ilang nyungsep aja xD

      setelah komedonya dikeluarin, dan kulit memerah, biasanya aku tekan-tekan pelan pake tissue ^^; biar ga gitu bengep... ati2 juga ngeluarin komedonya biar kulitnya ga luka ato ga bersih trus malah jadi jerawat. aku nunggu komedonya bener2 mateng dan kering baru aku keluarin.. soalnya kalo masih basah gitu kalo dipencetin biasanya malah jadi jerawat ato jadi luka karena masih rentan ^^; jadi mesti disabar2in, aku pake komedo stik sekitar dua minggu sekali-dua kali.

      selain itu, aku juga usahain bersihin mukanya bener-bener. jadi sebelum cuci muka, biasanya aku bersihin dulu pake make up remover (makeup remover yg aku pake adalah minyak biji anggur) untuk mastiin ngga ada lagi debu, kotoran, ampas make up yg bisa nyumbat pori gitu ^^

      misal lagi ga jerawatan, aku pake facial brush, semacam sikat wajah buat ngangkat sel kulit mati dan komedo2 di kulit, dipakenya pas cuci muka. udah pernah aku review di dua link ini

      facial brush 1

      facial brush 2

      pas lagi jerawatan aku ga pake facial brush :D soalnya malah nyakitin kulit.

      setelah jerawat udah bener2 terkontrol (udah jarang banget pake vitacid), aku pake hada labo tamagohada face wash. ini recommended buat tipe kulit berminyak dan acne prone soalnya ga ngandung mineral oil yg bisa nyumbat pori, gapake zat pewarna dan pewangi, ga ngandung ethanol. trus dia ngandung AHA (glycolic acid) dan BHA (salicylic acid) buat ngangkat sel kulit mati sama minyak di kulit. tapi kerennya ga bikin kulit jadi kerasa kering kesat :D pas cuci muka, kulit terasa mulus-lembab-kenyal :D

      emang kalo komedo sebaiknya ga hanya ngandelin facial-sekali-jadi-beres di klinik2 ^^; soalnya yg instan gitu kurang bertahan lama alias kurang oke mencegahnya. jadi bagusnya bukan yang yang sekali treatment trus ilang, tapi lebih ke ngatasin dan pencegahannya :D kuncinya bersihin muka dengan bener2 bersih, rutin eksfoliasi kulit mati biar ga numpuk dan nyumbat pori, dan ngga pake kosmetik/skin care yg kandungannya bisa nyumbat pori.

      Hapus
  32. hada labo tamagohada face wash bisa beli dimana?soalnya mukaku tipe berminyak dan gampang jerawatan sis

    waduh ribet juga urus komedo krna mgkin kebiasaan urus jerawat skrg biar mampus n ilang haha

    owh jadi oatmeal air biasa ya sis

    trus misalnya malam aku pke clean n clear dulubaru oatmeal ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. di supermarket gitu sist belinya :D tempatnya yg satu rak produk hada labo semua biasanya. kemasannya warna biru telor asin. tulisannya ada yg face wash aja dan ada yg face wash + make up remover... kalo buat sehari-hari pilihnya yg tulisannya face wash aja.. soalnya yg face wash + make up remover itu lebih berat kandungannya daripada yg tulisannya face wash aja...

      hahahahahah iyaaa sissstt emang bertahap x)) entar kalo jerawat dan komedo udah terkontrol bakal ada "masalah" baru lagi ----> ilangin bekas2 jerawat, ngeratain warna kulit, dan cerahin kulit biar ga kliatan kusam x))

      terserah sist :D intinya kalo misal kulit kamu lg ga kotor2 amat (alias ga abis beraktivitas yg bikin kulit jadi kotor banget, ga kena asap motor, make up segala macem) langsung pake oatmeal juga bisa kok :D

      Hapus
    2. nnti deh aku coba2 cari disupermarket. :D

      aku udah beli oatmeal quaker yg warna biru senang banget dapet haha
      besok pagi aku coba pake sis pas mandi

      ohya sis, kan aku udah dekat2 haid ya jadi ttp timbul jerawat juga nih walaupun ga sebanyak dulu, dan lebh banyak bekasnya daripada jerawat -_-"

      Hapus
    3. selamat mencoba siisst :D
      aku waktu mo beli lagi malah ga dapet yg biru (--") sekarang lg pake oat yg dikemas ulang sama hypermart yg value plus itu juga oke ternyata hihihihi.. tapi besok-besok pengen pake yg biru lagi xD

      waaaa syukurlah :D
      iya sist (--") ntar kalo jerawat udh bener2 terkontrol tantangannya malah lebih susah...

      aku dan banyaaak org (fyi aku sempet browsing, baca2 cerita orang nyari skin care yg cocok pasca jerawatan hihihi) sampe bberapa kali trial n error alias nyoba serum dan krim buat mudarin noda jerawat dan perawatan harian. kalo vitacid kan obat yah, hampir semua org cocok. lah kalo nyari skin care pasca nyembuhin jerawat itu misal ga cocok, salah-salah malah cekit-cekit atau jerawatan lagi. akhirnya beberapa kali -mau gamau- ada beberapa produk -yg belom abis- jadi ngga kepake, dan mesti berburu produk skin care laen yg nampol dan bersahabat sama kulit... (--")/| nasip |

      Hapus
    4. iya sis,, :D

      kalo dulu wktu aku jerawatan n pas udah mulai hilang ya aku biarin aja bekasnya smpe hilang sendiri, sekitar4-6bulan deh baru mulus lagi hehe

      iya trnyta lebuh ribet urus bekas dibanding jerawatnya nih

      sis klo udah sembuh nih jerawat2ku ga bakalan aku apa2in nih muka,, pelebap aja takut ga cocok tp ga m ungkin kan pke sunblock selamanya haha

      trus pembersih mukaku kan clean n clear khusus jerawat ya, yg jadi pertnyaan ttp pke trus apa gimana ya??

      Hapus
    5. hahahaha emang ni lebih ribet ngurus bekasnya x)) huuufftt

      aku juga jarang pake serum pelembab sekarang sis.. apalagi pas pms, stres (hormon naek turun), dan jerawatan. pas muka lg berminyak2nya kulitku malah lebih oke kalo ga pake pelembab x( cuman ngandelin oat, maskeran, sunblock, ga bedakan sgala macem... soalnya pas pms dan mens itu kulitku lagi rentan jerawat banget xD

      waa terserah sist :D soalnya masalah pembersih itu tergantung selera dan disesuain aja sama kondisi kulitnya. setauku pembersih khusus jerawat bisa-bisa aja dipake trus2an kalo cocok dan selama kulit emang rentan jerawat :D

      misalnya setelah sembuh dari jerawatan kulit ada perubahan jadi ke normal-berminyak atau kombinasi (kering berminyak) ntar bisa ganti pembersih lain yg sesuai sama tipe dan ph kulit biar ga iritasi :D

      Hapus
    6. iya sis hahha ribet ngurusnya tapi setidaknya bekas lebih banyak dari jerawat aja udah bersyukur :D

      ohya sis krna lagi haid sekarang jadi agak subur nih jerawat,,sis waktu haid ttp pake vitacid yg 0,025 atau 0,5?

      kapan yah ni jerawat berenti timbul?? hehe

      Hapus
    7. hihihi iyaaa, ada kemajuan dikit pun meski tetep disyukuri x')

      aku pake yg 0,05% :D buat ditotol doang di jerawatnya

      heheheheh semangaaat sisstt, walaupun udah selese purging pun kulit bakal tetep rentan sama yg namanya jerawat, butuh waktu sampe kondisi kulit bener-bener pulih.

      sekitar 4-6 bulan sejak aku bener-bener konsen ngerawat muka yg gampang jerawatan udh keliatan banget kondisi kulit membaik dan kalo kulit diraba nyaris udh gada brindil-brindil lagi di bawah permukaan kulit :D tapi cepet ato lambatnya hasil di masing-masing org jelas beda xD moga kulit kamu lebih cepet yaah kinclongnya, amin amin amiiin.

      Hapus
    8. iya sis, mau nanya sis aku pke vitacid 0,025 kan jerawat yg diwajahku kombinasi kadang2 timbul jerawat gede sis, bisa ga di totolin vitacid 0,5 kayak sis kemaren?? biar lebih cepat sembuhnyaa

      ohya pke oatmeal bikin kamar mandi dirmh berantakan haha belepotan aku sis :p

      iya pengen cepat kinclong sis, ohya aku pake hada labo nnti kpn ya sis bagusnya?? klo udah terkontrol jerawat atau pas mmg tinggal bekas2nya aja?

      Hapus
    9. waaa aku gabisa bilang bisa ato ngganya kalo buat kulit sistaa :'( maaf yaa, aku takut ntar malah kenapa-kenapa.. cuma dari pengalamanku, pas jerawatnya udh muncul satu-dua (udh ngga keroyokan kayak pas awal pake), baru ganti yg 0,05%, trus udah ga pake 0,025% lagii :D kalo diliat kadarnya pun 0,025% dan 0,05% ga gitu jauh beda sist. yg paling kerasa bedanya 0,025% dan 0,05% itu selaen jerawat lebih cepet mateng, kulit jadi lebih gampang kering juga hehehehe... maka dari itu, 0,05% nya ga aku pake semuka.

      hahahahahah iyaaa sis xD aku juga awal make berantakan, mleber kemana-mana. pas meras aernya juga oatmealnya malah tumpah.

      oiya biar ga belepotan, ambil oatmeal secukupnya (setengah genggam pun cukup buat semuka). basahi pake aer secukupnya yg penting oatmealnya basah melunak aja, karena kalo aer kebanyakan malah terlalu encer dan meleber kemana-mana. kalo oatnya ga kebanyakan aer, digosok pun oatnya masi nempel di kulit muka, ga jatoh2 :D

      trus oatmealnya ditaro di tangan kiri. pas awal, oatmealnya ga digosok pake dua tangan :D ambil oatmeal yg ditaro tangan kiri, trus digosok di kulit muka pake tangan kanan. pas oatmeal di tangan kiri udh abis, baru digosok2 lembut pake dua tangan, begitu x))

      kalo aku pakenya pas udah tinggal bekasnya aja dan jerawat udh terkontrol alias datengnya pas pms aja :D cuma emang kulit mukanya aku istirahatin dulu sist sekitar seminggu-dua minggu sebelum ganti skin care. tapi malemnya tetep pake vitacid selang seling dua hari sekali, tiga hari sekali, seminggu sekali, sampe bener-bener lepas (pakenya pas ada jerawat doang).

      Hapus
    10. owh gitu ya sis,, wah blm yakin juga akunya pake yang 0,5 hehe

      oatmeal nnti deh aku pke kayak gitu sis :D

      sekarang kan aku udah minggu ke 5 pake vitacid ya sis, hari senin nnti masuk minggu ke 6, aku udah bisa kurangi pemakaian atau pake smpe minggu ke 8 alias 2bulan setiap malam??

      Hapus
    11. jadi, pemakaian itu bisa dikurangi setelah jerawatnya sembuh sis :D pas udah ga purging lagi, udah jaraaaang banget jerawatnya nongol, kalopun nongol cuma satu-dua aja... selama masih jerawatan tetep pake tiap malam, gitu sih dari keterangan produknya :D

      gabisa dipastiin mesti saklek sampe 2 bulan ato ngga sist :D soalnya kan kemajuan penyembuhan di kulit tiap orang masing2 beda. kalo misal ngga nyampe 2 bulan jerawat sista udah bersih ya udah bisa dikurangi buat maintain sist, begitcuu xD

      Hapus
    12. oke sis hehe
      ini masih ada beberapa jerawat sis gara2 haid pdhal sebelum haid udah mau abis lho -_-"
      malahan aku pake gluta diminum tiap mlm lumayan sih jadi agak cerah wajah dan beberapa bekas udah ga begitu keliatan,,hehe

      Hapus
    13. waaa sekarang lg ngetren ya gluta gitu-gitu --" cuma aku ga brani minum itu, ama ga yah?

      Hapus
    14. aman sis,,, tp aku udah ganti [ke frutablend lebih aman lg krna ada bpomnya soalnya aku jg jualan fruta, yg produk health wealth international :) hasilnya lbh oke,jerawat yg gede jd kempes dan bekasnya mulai ilang soalnya sis akrg aku jd trauma nih mau pke apapun dimuka jd cuma pke sublock aja,, hahaha... ga mau hunting pelembap soalnya capek

      Hapus
    15. kayaknya glutera itu produk ngga jelas deh sist :| soalnya ga kedaftar di bpom. katanya kan ada izin depkes, nah izin depkes itu tuh buat alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga. kalo bentuknya susu, suplemen, obat, makanan dan minuman yg bukan diproduksi industri rumah tangga, harus pake bpom. produsennya juga ngga jelas siapa sis x(

      kalo frutablend emang kedaftar di bpom, produsennya juga jelas :D jadi amaaan hehehehe

      aku setelah alergi kemaren jadi takut salah pake pelembab yg ga cocok :| kalo muka udh rada bener emg jadi takut mo nemplokin ini itu hahahahah x))

      Hapus
    16. iya sis btw gluta n glutera beda,hehehe.. jadi amannya aku pake frutablend :D,, jd agak bingung sih pke apa nantinya klo udah kyak gini,,hehe

      Hapus
    17. oiya gluta xD aduh ga fokus, maap sist hihihihi
      iya sayang kulitnya kalo buat nyoba2 lagii x( tapi emg mesti nemu pelembab yg cocok *dilema*

      Hapus
    18. tapi gimana ?? soalnya ceritanya kan harus nyoba dulu,,aku jd ga mau pke apa2 lagi ga mau jerawatan lg soalnya hehe,,uhm ada solusi lain sis?

      Hapus
    19. belajar ingredient sist :D risiko kulit break out jadi kecil kalo kita tau kandungan apa yg oke dan kandungan apa yg harus kita hindari.

      x( emang sih mencoba pelembab yg baru setelah kulit abis break out itu bikin waswas dan dilema. tapi kalo ingredientnya cenderung aman buat kulit yang sensitif dan rentan, risiko risiko kayak gitu bisa diminimalisir.

      kandungan yang wajib dihindari oleh kulit acne prone dan sensitif misalnya kayak alkohol (bikin kulit kering kerontang dan iritasi), ethanol, mineral oil (berisiko nyumbat pori, trus malah jadi komedo ato jerawat), SLS (biasanya di sabun pembersih), dan seterusnya.

      sebisa mungkin hindari juga pelembab yg pake zat tambahan kayak pewarna dan pewangi. banyak review yg ceritain kulit mereka pada break out kalo pake skin care yg ada pewarna, paraben, dan fragrancenya xD tapi kalo kulitku alhamdulillah masih bisa mentolerir produk yg pake pewangi dan pewarna gitu2.

      cari tau juga kandungan yg sesuai dan cocok dengan kulit kita, baik untuk mencerahkan maupun untuk mengatasi jerawat. kalo buat jerawat sih aku cocoknya vitacid hahaha x)) trus untuk mencerahkan yg ngefek di aku adalah arbutin, tapi untuk memudarkan noda lebih nampol pake AHA. ada juga yg sharing kalo buat cerahin kulit dan noda malah ngga mempan sama sekali pake kandungan yg AHA, nampolnya pake arbutin. tiap kandungan emang efektivitasnya bisa aja berbeda tiap orang.

      udah banyak bgt brand2 skin care (kayak hada labo, sariayu solusi organik, biokos dermabright, the body shop, the face shop, the skin food, dll dll) yg concern ke komposisi yg aman buat kulit sensitif dan rentan jerawitan. cuma emang skin care yg strict dengan ingredient itu rada mahal dibanding merk lain :|

      Hapus
    20. sis contoh yg amam m pas di kantong mahasiswa apa?? hehe

      Hapus
    21. waaa kalo apa aja merknya banyak sist.. tapi cocok2an juga :| coba googling review skin care sebamed, acnes, clean n clear, biokos, nivea, dst.

      kalo aku dari desember tahun lalu, setelah browsing kesana kemari, pratiin ingredient, dan mutu perusahaannya akhirnya milih hada labo sis :| HL di aku sampe sekarang gada reaksi aneh-aneh kayak jerawatan parah. kulit emang ga kinclong kayak artes-artes, tapi kulit jadi moist dan HL ini ngga nyumbat pori (komedoku jadi ga gitu banyak). kalo dari harga reasonable banget menurutku, lotion dan milk sekitar 30-50an ribu, essencenya sekitar 90-130ribu (tergantung lg ada diskon/promo ato ngga hehehe). itu juga lamaaaaa banget abisnya. essencenya bisa nyampe 2 bulanan, milk dan lotionnya bisa 4 bulanan lebih :|

      tapi ada juga review yg break out pake hada labo. emang lotionnya belom tentu cocok di semua orang (agak lengket, ga ngandung alkohol soalnya). tapi kalo essence dan milknya jarang ada keluhan aneh-aneh :|

      selain itu, kalo pas kulitku lagi bermasalah, aku lembabinnya pake aloe soothing gel (99% lidah buaya, alami dan seger banget) harganya 90ribuan ukuran 300ml gedebokan gitu. Aku udah pake buat rambut, leher, muka, dan kantong mata aja belom abis-abis sampe sekarang (5 bulanan lebih). trus produk ini aman digunakan segala usia. yg aku pake sih merk holika holika, tapi yg nature republic juga bagus kok :D

      ini sist link-linknya :D
      http://www.chic-princessa.com/product.php?id_product=1122
      http://www.chic-princessa.com/product.php?id_product=1083
      http://www.makeupalley.com/product/showreview.asp?ItemID=158254

      semoga bisa membantu xD

      Hapus
    22. oke sis mksh tp gampang didapat ga produknya??

      Hapus
    23. online shop sist, di indonesia baru ada yg nature republic punya :D itu trusted seller kok, pelayanannya cepat, barangnya juga diimpor dr korea. cuma ya karena online shop jadi mesti sabar kalo belum restock :D

      Hapus
    24. oke sis sekarang aku udah kurangi pemakaian vitacid dari 3x seminggu trus 2xseminggu dan skrg 1x seminggu
      jerawat udah mulai terkontrol wlpn udah jarang pke vitacid tp klo ad jerawat dia jadi cepat kering sis
      trus aku udah rutin pke oatmeal hasilnya bagus krna mukaku ga iritasi dan mengelupas kyak kemaren seneng deh hehe
      ga malu lagi ditnya knpa muka jadi merah2,,haha

      tapi bekasnya banyak sis trus blm aku apa2in

      bAgusnya sekarang perawatanku gmna ya?

      Hapus
    25. oke sis kemaren aku 2x comment tp ga muncul di blog knpa ya??
      trus skrg aku pake vitacid seminggu sekali,skrg jerawat yg muncul cepat kering sis trus au jug rutin pake oatmeal udah ga merah2 kyak kemaren. tapi bekas2nya masih banyak..

      Hapus
    26. iyaaaa oatmeal emang okeee xD

      kalo bekas jerawat yg penting pake serum yg cocok bakal pudar dengan sendirinya kok sist, yg penting telaten :D walo emang makan waktu berbulan-bulan. kalo aku dibantu eksfoliasi kulit mati juga (2-3 hari sekali pake scrub/eksfoliator yg mild kayak oatmeal misalnya), sama maskeran :D

      iyaaa sis x( sekarang kotak komennya dimoderasi, soalnya banyak spam yg masuk

      Hapus
    27. sis maskeran pake apa??
      aku udah stop pake vitacid dari 2minggu lalu sis
      trus sekarang mmg sih masih ada jerawat tapi beberapa hari udah kering, aku cuci muka pke sbun mahkota utk jerawat skrg..

      Hapus
    28. Maap baru bales hiks

      Aku pake madu say, dicampur2 juga sama kayu manis, kunyit, dan tepung beras, dll hahaha

      Oiya, ngomong2 ada produk oke nih siiissst x))
      Kalo jerawat satu2 doang coba nexcare deh, kayak stiker gitu buat jerawat. Ni aku kan mo ada acara, trus muncul jerawat meradang tiga di pipi (emg lg "dapet"). Aku pakein stiker kemaren malem, paginya udh kempes lhoo, dan ga begitu merah meradang lagii. Tapi emg nexcare buat emergency gitu, harganya 28ribuan (isi 18 stiker), aku beli di guardian :D

      Hapus
    29. helo sis baru mucul aku,,hehe..
      nexcare yaa
      tapi bulan kemaren aku ke dokter kulit yang pernah aku datangi 2 tahun lalu, aku dikasi obat kyak krim,pencuci muka dan bedak khusus jerawat.. krimnya udah mau abis, tapi jerawatnya masih ada sis ada beberapa jerawat batu :( hiks dan bekas2ku masih banyak dan ada yg merah2, sampe dagu juga lho sis jerawatnya, kayaknya aku harus balik ke dokter lagii ini :( jerawatnya gatal sis..

      Hapus
    30. waaa hai xD

      Aku juga sekitar 2 mingguan lalu jerawatan lagi gara-gara abis liburan hehehe. Tapi nyembuhinnya cepet dan simpel (ga kayak jaman dulu), bekasnya juga cepet pudarnya, aku totolin aja pake clay mask sekitar 3 hari kering >.<

      Kalo jerawat di dagu itu biasanya karena faktor hormonal gitu sis (pms, stres, pola hidup berantakan, dst). Iya sebaiknya emang udah ditangani dokter aja tu sis kalo udah sampe gatel gitu jerawatnya :'(

      Semangat sis :D

      Hapus
    31. menanganinya juga udah beda ya skrg sis?
      kalo aku tiap mau haid memang jerawatan sih sis

      waduh pola hidup berantakan gmna sis? hehe, klo stress adalah krna nyusun skripsi.hehe

      ohya yng ada jerawat batu didahi sis, sis kemaren pola mkannya gimana?? ohya ada juga yg nyaranin katanya minum kunyit

      Hapus
    32. iyaaa stres itu ngaruh banget sis, hormon jadi naek turun :D

      aku sekarang minum habbatussauda aja sis sama banyak-banyak minum air putih :D biar fit hehehe. Iya air rebusan kunyit bagus sis, kayaknya di blogku pernah ada yg komen kalo dia juga minum itu. Dulu aku minum kunyit asam sido muncul (yang bubuk sasetan) itu kulitku bagus --" ni baru mau aku telatenin lagi.

      Hapus
    33. beli di toko ya sis kunyitnya?? rasanya gimana?? jerwatnya jadi berkurang ga pake itu??

      ohya sis aku jadi bingung sekarang mau ke dokter yang kemaren atau klinik kecantikan London Beauty Center, soalnya ada yang kasi testi setlah krim dari dokter(dokter yg sama dgnku) 2miggu kemudian muncul jerawat batu trus dia ke LBC. sis pernah dengar ga LBC? jadi bingung aku nih..

      Hapus
    34. Kalo mo bikin sendiri sih kunyitnya beli di pasar aja sis, banyak. Tapi bikinnya mesti ati-ati. kalo yang kunyit asam sasetan di indomaret juga ada, cuma ya udah pabrikan gitu, mungkin kalah tokcer dibanding yang bener-bener alami. Itu jaman awal-awal kuliah sis, dulu aku ga jerawatan, ga gampang bau badan juga. Kalo sekarang kan pake habbatussauda, kunyit asamnya baru mo mulai lagi :D

      Pernah denger sis, coba kamu maen ke forum female daily bagian skin care kayaknya ada thread LBC deh, tanya-tanya ke sana coba :D

      Hapus
    35. mksdku rasanya mmg kunyit banget, asam atau gmna sis?? klo bikin sendiri ribet soalnya hehe.

      iya klo ga salah aku baca testinya LBC dari female daily sis

      Hapus
    36. Kalo kunyit asem rasanya manis asam gitu, enak kok, seger :D

      Hapus
    37. owh gitu ya sis hhe,senin kemaren aku balik ke dokter trus obatku yang jrim diganti dengan krim yang lain klo pake jadi gatal2 untuk beberapa menit nah klo utk yg malam agak perih klo dipake trus dapet obat minum juga semoga aja cocok. amin,
      ohya sis pernah coba sabun rdl papaya? aman ga tuh?

      Hapus
    38. aamiiiiin :D
      kalo rdl gatau deh sis, kalo yang merk dream (di indomaret, 5-6rebuan) sih buat badan heheheheheh.

      Hapus
    39. iya sih sis rata2 sabun papaya untuk badan, cuma baca di blog orang ada yg cocok sma tmn sekelasku juga cocok pake itu smpe ilang jerawatnya...

      aku jadi bingung juga klo pencuci muka dari dokter abis, aku harus pke apa?? hadehh

      Hapus
    40. coba browsing cetaphil, face washnya body shop, dkk sis yg ringan dan bersahabat buat kulit yg acne prone >.< tapi kalo aku sih pake hada labo tamagohada cocok (kejangkau juga harganya haha), yg shirojyun malah muncul jerawat 1-2 gitu

      Hapus
    41. brapaan hada labonya sis?
      pengen berakhir nih pemderitaam jerawatnya, aku jadi stress sis T.T

      Hapus
    42. berapa yah, 20-30ribuan yang tube gede, bisa dipake 2,5 bulanan. Sabar siiiss :* ditelatenin aja, jangan dibawa stres ntar malah makin jadi jerawatnya.

      Hapus
    43. makasih supportnya sis,, aku minta contoh gambar hada labo dong jadi bingung yg mana nih hehe.. bisa ilangin jerawat juga dia?

      Hapus
    44. http://www.rohto.co.id/?page=product&product=hadalabo

      kalo hada labo kyaknya lebih ke perawatan setelah jerawat sembuh *itu kalo aku sih... heheheh
      kalo buat jerawat, yg Acnes itu :D satu produsen, sama-sama dari rohto

      Hapus
    45. sis halo met thn baru yaaa

      puji Tuhan obat dari dokter cocok yg kedua nih ditambah kemaren aku cuma konsumsi makanan rebus dan kukus walaupun menderita dikit hehe,, jerawat rontok semua, ga da jerawat batu lagi cuma jerawat kecil kayak titik aja karena haid,, dan meninggalkan begitu banyak bekas diwajah sis,
      pas kemaren balik ke dokter kulit untuk konsulm aku nanya apa aku masih harus pake obat jerawat?? kata dokter ga usah , cukup pake sunblock aja yg dari dia sama terusin gel yg dipake malem smpe abis katanya itu bisa ngurangin bekas juga.. aku juga minum kunyit sekarang walaupun baru beberapa kali :D
      ohya ilangin bekas yang alami gmna ya?? takut coba produk2 aku sis :(
      trus pencuci muka dari dokter udah mau abis,, trus aku mau pke hada labo yg face wash yg mild peeling,anti aging,whitening ato apa???

      Hapus
    46. ohya sis mksdnya pake Tamagohada Ultimate Mild Peeling Face Wash?? kalo kulit acne prone dan berminyak?? jerawat udah ilang sihh tapi kulitku sensitif dan berminyak

      Hapus
    47. waaaa syukurlah siisss :D kalo kondisi kulitmu udah membaiikk yeeeyy (9^o^)9

      iya sih :( ganti skin care emg agak riskan buat kulit sensitip kayak kita. kalo yang alami sih pake susu, bengkoang (dihancurkan/dilumat trus dijadikan masker), sama tomat. cuma ya emang mesti banyak2 bersabar karena progresnya bisa jadi ngga secepat skin care yg lebih maju kayak krim pencerah/serum.

      kurang lebih sama aja sis varian face washnya hada labo :D baruu aja aku post di Favorite Beauty Products 2013

      Hapus
    48. iya aku senang banget sis jerawatnudah rontok semua :D

      iya baru aku baca postingannya sis. ohya muka ku kan berminyak dan sensitif lebih bagus pake tamagohada atau gokujyun ya??

      Hapus
    49. ohya sis yg aku liat kemaren di hypermart adanya face wash+make up remover,, yg cuma face wash aja lagi abis.. waduhh semoga bisa nemu nih nanti,, emang terpikir juga pake clean n clear lagi karena oil free juga dan gel gitu bentuknya,, tp pengen pke hada labo juga hehe bingung aku

      Hapus
    50. gokujyun sih seri basicnya hadalabo sis, jarang banget ada keluhan soal gokujyun itu ^^ lumayan ringan buat kulit soalnya. kalo tamagohada yg face wash+make up remover lumayan banyak ingred yg comodogenic dibanding yang face washnya :D

      pake apa aja sebenernya ngga masalah sis :D yg penting cara pakenya tepat, dibikin foam padat dulu, bukan langsung diusap di muka sabunnya, begitcuu

      Hapus
    51. klo mmg blm ketemu tamagohada face wash , pake gokujyun aja yaa dulu tp klo di supermarket sini yg dekat kyanya ga ada hadalabo ckckc terpaksa clean n clear dulu nantii,,
      ohya bisa utk jerawat juga kan gokujyun itu sis? wlpn cuma jerawat pas haid

      Hapus
    52. sebenernya sama aja sis dua itu :D cuma si tamagohada itu oke buat kulit yang sangat berminyak, trus gokujyun biasanya dipake sama orang2 yg kulitnya sensi dan/atau kering.

      yg penting sabun cuci mukanya ga bikin kulit jadi kering kesat sis :D soalnya bisa jadi ngerusak skin barrier, ntar bakteri malah berkembang biak, dan jadi jerawatan lagi ^^;

      semangaat :D

      Hapus
    53. okok jadi dua2nya dicoba juga gpp ya hahaha

      oke sis makasih sarannya

      ohya klo bekas jerawat dibiarin bisa ilang sendiri tapi lama?

      Hapus
    54. iya say sama-sama :D
      ya ngga dibiarin juga si say :D tetep mesti dirawat juga heheheh, at least maskeran rutin atau ditotol pake krim/serum/ato apaaa gitu :D

      Hapus
    55. kalo ilangin bekas jerawat pake yg alami kayak susu,,, susu yg gimana ya sis??
      trus klo krim/serum yg cocok buat kulit kayak kita apa ya?? sis punya reviewnya??\
      jadi banyak tnya deh aku hehe

      Hapus
    56. susu bubuk gitu sis :D bisa dicampur madu ato oatmeal
      yg banyak orang cocok sih Hada Labo Ultimate Whitening Essence sis :D udah pernah aku coba, noda memudar sih.. tapi muka cerahnya mentok segitu-gitu aja

      sama the history of whoo whitening intensive, belinya yg sampel (online). teksturnya kayak balm serbuk gitu, ditotol di spot noda.. coba googling aja sis review2nya :D aku juga baru nyobain ni buat ilangin bekas alergi

      iyaa say gapapa heheheh

      Hapus
    57. okoke sis

      akuu baru bberapa hari terakhir cuci muka pake oatmeal hehe

      mau nanya sis pake apa klo jerawat tinggal satu2 sis pke apa untuk ilanginnya??

      Hapus
    58. kalo bekas jerawat aku totol pake masker lumpur/clay :D dan pake essence/serum... biasanya di aku bener-bener ilang setelah 3bulanan say ^^;

      Hapus
    59. masker lumpurnya beli dimana sis??
      trus kalo jerawat pas haid,, ilanginnya pake apa ya??

      Hapus
    60. masker clay yg gampang didapet itu acnes tea tree oil clay mask :D

      kalo aku ditotolin masker say. sekarang sih lg nyoba masker bedak dingin (yg bentuknya butiran kecil-kecil) heheheh.. aku coba beberapa hari ini lumayan hasilnya, jerawat pms cepet kering :D

      coba googling saripohatji deh, itu masker tempo doeloe yg oke :D

      Hapus
    61. okok sis aku googling dulu hehe

      Hapus
  33. aku liana kakak, salam kenal yaa :D ,, ak suka baca blog kakak, bermanfaat bgt buat aku.. :))
    nanya dong kak hanitis,,,, ak juga banyak bekas jerawat nih di pipi kanan kiri,, gak ilang ilang sediiih :((
    sekarang baru nyoba pake hada labo gokujyun lotion yang light.. soalnya br itu aja yg ada disini,, blm nyari2 lg. pgen yg shirojyun buat ngilangin bekas.. kakak pernah nyoba nggak ?
    terus aku nih bekas nya ada yang bolong bolong nihh... gmana dong ngilanginnya ? bs dikecilin gak sih bolongnya kalo pake masker terus? terus ak juga sekarang pake serum biokos yang botulike, berharap pori-pori ngecil meskipun umurku br 20 th... gmana menurut kakak ?

    tapi abis bgun tidur , kalo pake serum itu tuh muka jd berminyak bget ee...
    tp jd lembut n rada mendingan pori2 nya...

    ak juga udah nyoba oat meal gara gara baca postingan kakak :)... menurutku itu buat kemajuan buat kulitku.. makasih ya kak info nyahh.. heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. haaai lianaa :D salam kenal juga yaah
      waah senengnya blog ini bermanfaat :D

      kalo noda bekas jerawat itu bukannya gak bisa ilang-ilang saay, tapi emang lebih lama mudarinnya... yg penting tetep telaten ngerawat mukanya pake skin care yg kandugannya cocok sama kamu dan aman ^^ ntar bakal keliatan kok perubahannya

      shirojyun udah pernah aku post di blog ini, kalo mau baca2 bisa klik link ini ^^ review hada labo shirojyun

      waduuh x( kalo bolong2 itu mesti ditreatment sama dokter spesialis kulit say. gabisa ngandelin krim doang. I've that problem too :( sejauh ini maskeran dan pake serum hanya bisa memperbaiki tekstur kulit sekian persen (mengencangkan) jadi keliatannya "bolong2" itu lumayan tersamarkan. but sadly, gabisa hilang sempurna ^^; tapi sampe sekarang aku belom kepikiran buat ke spKk sih...

      sebenernya gapapa sih pake botulike walo umur kita masih 20an ^^ misalnya di umur segitu kita udh ngalamin masalah kulit yg umumnya ditemuin org umur 30an ke atas (kayak pori-pori, garis senyum dan kerut halus yg mulai nyata di sekitar mata, dll) ya bisa2 aja. itu aku baca dimana gitu , lupa >.<

      aku juga kepikiran pake itu lhoo gegara pori-pori makin visible hahahaha... ni lagi maju mundur mo beli apa ngga x)) cuma masih pengen telatenin pake essence hada labo aja dulu... aku sering gajadi beli dengan pertimbangan yaitu tadi --> berminyak >.< paling kalo pun nantinya beneran beli, aku pakenya malam doang. soalnya kalo botulike itu kan buat ngatasin masalah kulit yg biasa ditemuin pada orang2 usia 30an yg kelembaban kulitnya berkurang, jadi serum dan creamnya ngeboost kelembaban kulit (kulit kering kan gampang keriput hehehe) yg jatohnya kalo dipake oleh orang umur 20an kayak kita cenderung minyakan :D tapi beneran ngiler deh kalo baca review2 tentang botulike yg cerita kalo pori2nya jadi less visible dan tersamarkan, aaaaakk pengeen hahahahha >.<

      sama-samaaaa \(^o^)/ seneng bisa membantuuu

      Hapus
    2. hehe iya mengkilapppp kalo tiap habis tidur, aplagi di hidung,huhu
      ak juga tdnya sempet gak yakin mau beli itu... tp cm pngen pori2nya ngecil sih jadi beli deh...ak belinya yang ijo muda. itu kata mbak SA nya buat smua umur sih,, kalo yg 30an gitu pake yg ijo tua kak.. di coba beli aja kaakkk :D

      aku dulu sempet jerawatan parah bgt, kyaknya gara2 pake wardah acne , soalnya ak pake yg base series itu biasa aja, trus kan lg jerawatan, trus pindah ke acne series , eh malah tambah parah... saking frustasi ak trus ke dokter dikasih krim sm obat minum, hbis itu.... wah parah mukanya kayak gosong gosong gt tp emang jerawatnya ilang smuaa :D ... tp trus ngelupas sih gosong2nya.. sekarang udah tinggal bekasnya itu ,,, ak jadi gak pake pelembab apa2 kalo berangkat kuliah, sm pake bedak tabur wardah.. takut jerawatan lagi..

      ya cuma maskeran , serum sama lotion nya itu yg ku pake buuat ngrawat ...
      huhu tp emang harus sabar sih,,
      jerawat oh jerawat , kenapa dirimu begitu susah ditumpas..

      Hapus
    3. xD iyaaa aku malah kepikiran pengen nyoba yg ijo tuanya hahahahah... yg ijo tua ada pencerahnya, yg ijo muda gada. soalnya kulitku kalo ga kerawat dikit gampang jadi ga rata gitu warnanya xD kata orang2 yg udah pernah nyoba sih yg ijo tua lebih nampol buat ngerawat garis ekspresi yg dalam. cuma ntarlah masih mikir-mikir duluu xD

      kayaknya kok banyak yah yg ga cocok pake wardah acne... :| rata2 yg udah cocok pake base ato lightening series trus pindah ke acne series malah ga cocok. balik lagi ke cocok2an (--")

      iyaa jerawat mah lumayan cepet sembuhnya, seminggu paling udh kering xD tapi bekasnya ituuuu bisa sampe berbulan-bulan. aku juga pas lagi jerawatan pake sunblock doang kemana2 x( kalo kulit lagi ga gitu bermasalah baru deh berani bedakan ato pake bb cream (itupun nyari yg ga nyumbat pori)

      iyaaaa x)) mesti selalu sabar dan tetep semangat
      dibawa hepi aja say, biar ngga stres pas jerawatan :D kalo terlalu dipikirin biasanya jerawatnya malah makin jadi hihihi x'D

      Hapus
    4. hehe iya ak sekarang udah pasrah kok, tp ak juga usaha..skrg baru nyari2 review skin care yg kiranya cocok di aku.pgennya dapet yg cocok gt trus gak ganti2.rencana jg pgen beli yg hada labo aja..tapi kalo yg milk kyknya juga ak gak berani, secara kulitku berminyak, takut kalo malah tmbah berminyak..
      skrg udah gak berani cb2 lgsung aku kak.. hrus nyari2 review org2 , kalo bnyak yg cocok br ak niatin tekad buat cb..
      eh kakak jg pake HL yg tamagoda ya? di review dong kak hasilnya gmana ? heheh

      Hapus
    5. kalo milknya hada labo ga gitu bikin berminyak say, kayaknya yg bikin minyakan setelah aku coba lama itu lotionnya (yg kayak air itu loh)... akhir2 ini hada labonya aku pake tiap malam aja (essencenya aja) -,- kalo pake pagi-siang-malam bikin kulit berminyak soalnya (aku lho yaa xD gatau kalo org lain heheheh)

      biar pagi siangnya ga gitu minyakan aku cuma pake sunblock ato pelembab biasa aja... sama bawa kertas minyak dan tissue. kalo udah kilap2 tinggal didab dikit, udh ga minyakan lagi. emang jeniuslah itu yg nyiptain kertas minyak buat muka hahahahah x))

      x)) iyaa niii udh setengah tahunan lebih pake tamagohada tapi malah belom direview xD udh aku foto2 sih produknya, tapi belom sempet diposting hihihi maap yaa.. semoga bisa secepetnya xD

      hasilnya bagus kok, gabikin kering kesat, tapi lembab halus. muka keliatan ga kusam, mungkin karena ada AHA (salycilic acid) dan BHA (glycolic acid). jadi jarang komedoan juga :D dia cara kerjanya mild peeling gitu, ngangkat sel kulit mati biar ga numpuk atau nyumbat pori. aku lebih cocok yg face wash tamagohada (kemasan warna biru telor asin) daripada yg face wash shirojyun (biru tua)... yg shirojyun malah bikin jerawat di aku -,-

      Hapus
  34. Mbak Hanitis yang baik hati, makasih banyak ya udh mau share pengalamannya..
    Aku udah cukup desperado sama kondisi kulit aku yg jerawatan mulu..hihi..udah nyoba pake ponds flawless white, ponds clear solution, gasembuh-sembuh..Skrg aku pake tje fuk, 2 bulan pemakaian lumayan keliatan, tapi setelah itu malah muncul jerawat gede2.. T.T dan kl diraba, dibawah kulit ada bruntus-bruntus kaya yg mbak Hanitis pernah alami..:(

    Aku tertarik banget pake Vitacid, pertanyaan aku:
    1. Untuk pemakaian awal, aku pake vitacid 0,025% setiap malem sampai kapan ya?
    2. Sebelum pakai vitacid ini aku perlu mengistirahatkan wajah aku brp hari?
    3. Saat jerawatnya udh membak, pemakaian vitacidnya kan jadi selang-selang ya? Di interval waktu selang-selang itu, mbak pakai krim malem apa?

    Maaf bgt yah pertanyaan aku banyak, terima kasiih dah dibaca.. :)
    Semoga sukses selalu.

    Kristy, Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo kristy yang cantik :D salam kenal yah
      btw maap ni baru bales x( modemnya baru isi lagi hahahaha

      saranku yang pertama sih jangan stres yah ngatasin kulit berjerawat. soalnya stres bisa micu jerawat, dan percaya ga percaya, jerawat itu makin dipikirin malah makin jadi lhooo.. jadi sabar dan yakin aja kalo kulit kamu cepat atau lambat bakal membaik saay heheheh... pokoknya pasang mindset kalo kamu itu tetep cantik dengan atau tanpa jerawat, okesip x))

      kalo kulit yang berjerawat sebaiknya hindari dulu skin care yang ada agen pencerah dan pemutihnya. pake skin care yang sesuai kebutuhan kulit kamu yg sedang berjerawat, karena takutnya malah memperparah >.<

      1. wah, kalo sampe kapannya gatau say :D soalnya tiap orang beda-beda masa penyembuhannya. ada yg melalui masa purging, ada juga yang ngga. biasanya kalo kulit kamu ga gitu bermasalah penyembuhannya bisa cepet sekitar sebulan, jerawat udah bersih. tapi kalo yg seperti aku kira-kira 3 bulanan lebih sampe jerawat akhirnya terkontrol.

      2. kalo aku biasanya seminggu-dua mingguan udah cukup. tapi selama masa itu tetep cuci muka dan eksfoliasi kulit mati, maskeran, trus pake sunblock (antara jam 10 pagi dan 3 sore) kemana-kemana. pembersih dan eksfoliator yang recommended untuk kulit bermasalah itu oatmeal ^^ udah pernah aku post di link ini -->
      Cuci Muka Pake Oatmeal

      3. kalo dulu aku macem-macem pake pelembabnya. dari mulai minyak biji anggur sampe aloe soothing gel gitu. intinya cari yg aman untuk kulit berjerawat, ga ngandung mineral oil yg bisa nyumbat pori, ga ngandung bahan pencerah dan pemutih, teksturnya ga lengket. btw yg aku lembabin bagian yang kering aja (vitacid itu bikin kering area tertentu, sampe kadang rada ngelupas gitu saking keringnya), ngga diolesin semuka, yg ada malah makin berminyak. oiya hada labo gokujyun krim juga kandungannya aman :D

      iyaaaah saay gapapaaaa
      sama-sama ^o^ sukses selaluu jugaaa
      good luck, smoga cepet kinclong kulitnya amin

      Hapus
  35. mbak.. wajahnya bisa mulus gt bekas jerawatnya juga ilang pake apa skin care apa :) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa macem-macem xD

      sekarang aku pake hada labo ultimate whitening essence doang, tapi malam aja. selain itu aku cuci mukanya pake oatmeal dan maskeran pake bahan dapur :D keluar rumah antara jam 10 pagi dan 3 sore pake sunblock, dan kalo kulit lagi bermasalah kayak jerawat atau kering ngelupas ga pake kosmetik dulu.

      btw masing2 orang itu mesti nemuin sendiri dengan trial n errornya nyoba perawatan yg paling cocok dengan kondisi dan kebutuhan kulitnya.. :D jadi perawatan yg aku sebutin belum tentu cocok sama org lain hehehe

      Hapus
  36. Hai Sist Hani.

    Sekarang ini aku lg ngalamin apa yg km alamin di tahun 2012 lalu.
    Muka aku jerawatan parah di bagian pipi. Kmrn sempet ke dokter SpKk krn udah gak tahan dengan jerawat yg gatal dan meradang.
    Salah 1 obatnya aku dikasih vitacid 0.025.
    Kebetulan krim dokter yg lainnya udh habis, dan skrg lg galau mau balik lg ke dokter tsb atau stop aja.
    Aku mau tanya, sewaktu kmu pake vitacid itu km kinsultasi ke dokter atau gak ya? Trus selama km pake vitacid, perawatan muka sehari hari yg km pake apa, kyk sabun mukanya trus krim paginya, bedaknya???
    Klo aku baca cerita km, aku pengen stop dr dokter aja tp tetep pake vitacidnya. Tp yg aku bingung aku hrs pake apa buat cuci muka dan sunblocknya. Give me advice please....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii sist resty :D salam kenal yaa

      so sorry to hear that :'( semoga cepet oke lagi ya kulitnya.

      my bad x( dulu aku pake vitacid hanya karena rekomendasi org2, tapi alhamdulillah untungnya ga kenapa2... :D makanya aku selalu wanti2 buat yang jerawatan trutama yg parah banget supaya pake resep dokter, karena who knows apa yg bakal terjadi kalo tanpa sepengawasan dokter x( at least kalo kenapa2 ada org yg kompeten yg bisa ditanyain ato dimintain pertanggungjawabannya.

      perawatan mukaku selama pake vitacid itu...
      Cuci Muka Pake Oatmeal
      oatmeal ini pembersih wajah yang ga bikin jerawat makin meradang dan bikin kulit jadi halus dan lembut. pake vitacid kan bikin kulit kering sist, jadi usahain pembersih wajahnya ga ngandung salycilic acid ato deterjen yg bikin kulit makin kering ngelupas.

      setelah beraktivitas di luar, sebelum pake oatmeal, aku juga bersihin wajah pake minyak biji anggur Minyak Biji Anggur Sebagai Make Up Remover
      minyak biji anggur ini lebih ringan dari minyak zaitun

      krim paginya aku cari yang bisa ngunci kelembaban kulit. sebelumnya aku pake holika holika aloe soothing gel (99% lidah buaya). intinya cari pelembab yg ga ngandung mineral oil ato kandungan lain yg nyumbat pori, trus jangan pake yg ada agen pencerah dan pemutihnya karena baiknya fokus ke jerawat dulu. hada labo gokujyun bisa jadi pilihan karena kandungannya bersahabat sama kulit sensitif dan acne prone. tapii sbenernya banyak banget pilihan pelembab yg bisa dipake kalo bener2 telaten nyari dan mratiin list ingredientnya.

      dulu aku suka pake bedak acnes sist, tapi makin kesini aku menghindari penggunaan bedak meski kulitku sedang ga berjerawat. karena bedak malah bikin kulit kering dan memperjelas dry patch di wajah. sekarang aku lebih sering pake sunblock aja, dan kalo mulai minyakan pake oil control film/kertas minyak. Soalnya kulitku sedang dalam kondisi terbaik (yah walau bekas jerawat dan acne scar masih bertebaran), jadi sebisa mungkin aku menghindari kosmetik dulu sampe kulitku bener2 stabil... minggu lalu aku abis alergi soalnya --" dapet pelajaran baru, kalo kulit yg sedang bermasalah sebaiknya ga pake kosmetik dulu hiks

      sunblock sih bisa apa aja sist :D kalo di indonesia, dengan warna kulit khas indonesia (kuning langsat dan sawo matang), spf 17 sudah cukup.. kalo spfnya ketinggian kayak yg spf 50 malah bikin kulit menggelap (kecuali kalo ke pantai, emg butuh spf tinggi buat ngehindarin sunburn). kalo dokter biasanya rekomendasiin parasol. sunblocknya ristra juga recommended tuh kalo dibaca2 reviewnya, soalnya cepet nyerap dan teksturnya ga lengket.

      semoga membantu :D good luck sist

      Hapus
  37. aku juga kayak gitu sisss....
    gtw ya kenapa.. rasanya males banget punya kulit jerawatan,,
    trus aku nyoba pake acnes treatment series... cuman di kulit jadi kering kerontangg :( dan masih da bekas jerawatnya,,, skrg lagi pake revlon new complexion skin care nya,.. dan txt cocok.. pengen nyoba yang the skin food tomatooo.. sepaket gitu brapa yaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangaat siss ^o^
      kalo beli online sepaket sekitar 600an sist :D aku brenti gegara gakuat kantong hehehehe...

      Hapus
  38. vitacid sama mediklin beda ya sist???bagusnya pake yg mana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sis beda :D

      >> MEDIKLIN <<

      KOMPOSISI
      Medi-Klin®TR adalah sediaan topikal berbentuk gel, mengandung antibiotik semisintetik yaitu Clindamycin phosphate 1,2% dan Tretinoin 0,025%.

      CARA KERJA OBAT
      Tretinoin bekerja dengan mengeliminasi peningkatan keratinisasi dan penebalan epitel folikel dengan cara mempercepat pergantian sel. Clindamycin phosphate bekerja denga menghambat produksi enzim dan inflamasi atau faktor aktivasi oleh P.acnes pada sebum.

      INDIKASI
      Untuk pengobatan acne vulgaris yang disertai sel inflamasi dan komedo tertutup dan terbuka.

      >> VITACID <<

      KOMPOSISI
      VITACID® CREAM mengandung Asam Vitamin A(Tretinoin) 0,025% dalam zat dasar cream.

      INDIKASI
      VITACID® CREAM ditujukan untuk pengobatan jerawat secara topikal terutama tingkat I-III dimana terdapat banyak komedo, papel dan pustula yang berat dan varitas-varitas cystic nodular (acne conglobata).

      bagusnya pake mana aku ngga tau sis :D karena mesti dipertimbangin kondisi kulit dan kebutuhan pengobatannya
      baiknya konsultasi ke dokter langsung untuk tau apakah vitacid atau mediklin yg tepat dan sesuai untuk ngobatin kulit yg bersangkutan ^o^

      Hapus
  39. iya cara ngilangin bekas jerawat n komedo gmna yah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bekas jerawat bisa pake serum yg ada brightening agentnya, rutin eksfoliasi kulit mati (at least seminggu sekali) dan maskeran. ditunjang juga sama asupan gizi (pola makan minum) supaya metabolisme tubuhnya oke. atau bisa juga minta resep ke dokter spKk ^^

      kalo buat komedo perhatiin ingredient produk yg dipake sehari-hari. jangan pake produk yg ngandung mineral oil atau kandungan lain yg berisiko nyumbat pori dan gampang bikin komedoan. selain itu tiap hari mesti double cleansing sebelum tidur agar pori-pori ga kesumbat kotoran dan sel kulit mati. rutin eksfolisasi/scrubbing. tentukan juga hari tertentu (misal sekali sebulan atau 2x sebulan) untuk ekstraksi komedo :D kalo komedonya susah dikeluarin jangan dipaksa, krn ntar kulitnya malah luka/iritasi dan ninggalin bekas noda baru di kulit >.<

      semoga membantu sist :D good luck

      Hapus
  40. hy mohon bantuannya yaaa
    aku cwok umur 19,aku memiliki muka sensitif dan berminyak
    muka ku waktu sma tu mulus bnget,tp pas tamat sma mulai tumbuh jerawat aku gx tau karna apa,aku gx pernah pake yg nmnya kosmetik atau apalah,tp muka ku tumbuh jerawat,aku dlu pernah pake sabun pencuci muka yg ada scrupnya,aku pernah baca di google klo cuci muka gx boleh di gosok kuat2 karna bisa menyebabkan iritasi,nah waktu itu kbtulan aku cuci muka pake sabun pencuci muka (lupa merekna) kuat2 gosokna,dr situ la awal timbulna jerawat apakah benar karna itu ya,dr situ lah muka ku trus tumbuh jerawat,kira 1,5 udah tahun ini deh,jerawat aku tu tumbuhna gx keroyokan palingan 1-2,3 la beberapa hari kempes,nah yg jadi masalah buat aku tu,bekasnya itu gx bisa hilang2,bekas jerawat aku tu kalo di perhatiin udah semuka,bintik2 merah gi mana gitu (^_^) ,tolong dong sarannya gimana cara ngilangin noda bekas jerawat,untuk cowok,yg kulitnya berminyak dan sensitif,pke obat apa bagusnya,dan sklian yaa belina di mana,cuma karna noda bekas jerawat aku gx pernah kluar rumah karna malu,mau kumpul2 keluarga aja aku malu setengah mati,soal smu sanak keluarga ku gx ada yg punya masalah jerawat,cuma aku doang,jadi pliiss bantuin aku yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai feby :D

      iya, emang kalo kurang tepat bersihin wajah, salah-salah bisa jadi iritasi atau jerawat. desember kemaren juga aku sempet jerawatan gegara pencuci muka :D

      untuk cuci muka sebaiknya menggunakan foam atau buble pembersihnya, ga digosok kuat2, supaya kulit ga iritasi, terutama bagi org-org yg kulitnya sensitif dan rentan.

      sebenernya bekas jerawat itu bakal memudar dengan sendirinya, karena ya kulit kita beregenerasi. tapi ya tetep mesti eksfoliasi ato ngangkat sel kulit mati (pembersih wajah/eksfolian yg gentle dan relatif ngebantu kulit sensitif itu adalah oatmeal, kamu coba search video oatmeal face cleansernya bubzbeauty di youtube).

      kalo aku dengan rutinitas skin care biasa (krim, serum, tabir surya, eksfoliasi sel kulit mati, maskeran) bener2 bisa pudarnya 3-4 bulanan dan kalo di samping skin care, misal aku ngonsumsi suplemen bisa pudarnya sekitar 2 bulanan. Cepat atau lambatnya relatif ya, soalnya metabolisme masing2 org beda.

      misal kamu pengen treatment yg hasilnya lebih cepat, bisa konsul ke dokter dan ntar diresepin produk tertentu yg sesuai dgn kulit sensitif kamu :D

      selain itu coba kamu cek pola tidur, pola makan dan minum, rutinitas olahraga, bersihin mukanya gimana, dll. krn buat ngatasin jerawat itu perlu penanganan dari dalam dan ngubah gaya hidup juga :D

      maap yaa baru bales x(
      semoga membantu

      Hapus
  41. Kalau menurut Kakak, penggunaan porepack itu gimana? Komedoku di hidung dan sekitarnya banyak banget, sampai ada yang jadi komedo hitam (karena dulu aku ga peduli sama mukaT.T). Tapi lama-lama kalau aku perhatiin betul-betul, kulitku yang kena porepack jadi beda, lebih kasar gitu (walau memang gak terlalu terlihat).

    Beberapa waktu yang lalu di kulit pipiku ada semacam jerawat gitu, Kak. Pas udah hilang, bekasnya warnanya putih. Ya bunder kecil gitu. Itu jerawat juga atau apa, sih, Kak? Jerawat juga? Kira-kira bisa hilang dengan apa, Kak?

    Maaf banyak tanya, ya, Kak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga udh ga pake porepack lg say :( soalnya aku juga ngalamin yg namanya hidung jd lebih kasar gegara pake porepack. penyebabnya kenapa juga aku kurang tau pastinya.

      sebenernya jerawat didiemin aja juga bakal mateng dan ilang dgn sendirinya. tapi dri pada makin jadi, kalo aku pake vitacid, ditotol di jerawatnya ^^; dan sekarang lebih sering pake kayu manis buat ngeringin jerawatnya.

      :D iyaaahh gapapa, santai aja hihi

      Hapus
  42. assalamualaikum ...
    hai ^_^ lam kenal ya ....
    q mw tanya2 nih hehehehehhe tpi sebelumny mw curhat :D
    wajah q sebelumnya fine2 aj, ad sih jearawat tpi g seberapa dan itu juga biasanya hilang ^-^. selama ini q pke pelembab olay natural white tpi berhubung pemlembabnya habis dan males keluar jauh2 akhirnya q beli pelembab garnier ligh cpmplete yg sachetan, brapa hari pke biasa aj #pasti cocok nih# gtu pikir q. krna fine2 aj akhirnya q coba pke krim malam grnier yg nigh restore. nah dari situ deh mulai muncul jearawt kecil2 di pipi q :'( khiikksssss pertamnya sih di dahi tpi udh hilang, yg belom ini yg di bagian pipi.... katanya tante q wktu ngeliat wajah q, kyk di gigit semut gtu bentol2 kecil :'( :'( jdi tmbh g pede wat keluar kemana2 huhuhuhu :'( dan sekrang q udh g pke krim mlmnya.
    q udh googling kemana2 bnyk yg bilang pke vitacid berhasil termasuk di blognya mbk ini ^^ klo q pke vitacid terus pembersih muka q pke garnier pure active gmna mbk??? kira2 klo q pke milk clenaser n face tonic punyax viva yg green tea bisa juga g??
    makasih sebelumya n maaf udh curhat n bnyk tanya nantinya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh
      salam kenal juga :D
      maap ni telat balesnya
      sinyal modemku lagi ga bagus :(

      Pembersih apa aja sebenernya ga masalah, asal ga bikin kulit kering kesat. Ngga ngandung ingredient kayak alkohol, salycilic acid. karena pemakaian berbarengan malah bikin kulit jadi kering ngelupas (overpeel). Soalnya vitacid tu bikin kulit kering :D jadi jangan lupa juga rutin minum air putih, biar kulit ga makin kering :D

      Hapus
  43. Hai...mau tanya ni, kmrn sempet jerawat parah bnget nget.. TPi skrg udah ademan sih.. Tapi kesel tiap PMS nongol mulu, agak banyak lagi muncul nya tuh.. Jadi ga sembuh2 ni muka, bekasnya udah mau ilang ehh ketiban lagi.. Kalo pake vitacid itu gmn cara nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga :D
      udah pernah aku bahas di sini :D
      http://haihanitis.blogspot.com/2012/11/review-vitacid-0025-dan-005.html

      Hapus
  44. Assalamualaikum sist.
    melanox baik tidak untuk muka berjerawat yang sudah bernanah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warrahmatullah wabarokatuh
      lebih baik fokus menyembuhkan jerawat dulu ^^; kalo jerawatnya udah sembuh, baru deh pake krim pencerah atau pemudar noda :D

      Hapus