16 Jan 2013

I ♥ Grapeseed Oil (Minyak Biji Anggur)

Kalau olive oil alias minyak zaitun adalah sahabat baik kulitku, maka grapeseed oil alias minyak biji anggur bisa jadi pacar buat kulitku hahahah :)) *maksa.

Yes. I'm in love with grapeseed oil.

Grapeseed oil merupakan minyak yang ringan banget sehingga dapat meresap ke kulit tanpa meninggalkan rasa berminyak kayak gorengan. Awalnya aku cuma tau-tau doang kalo grapeseed oil ini mengandung antioksidan yang tinggi. Sampai pada akhirnya aku nyoba sendiri sebulanan kemaren dan tercengang dengan hasilnya. Kalo di sinetron udah ada adegan kamera zoom in-zoom out kali ya.

Apa saja manfaat grapeseed oil?
Natural moisturizer. Grapeseed oil mampu mengunci kelembaban dan memperbaiki jaringan kulit.
♥ Mengencangkan dan mencerahkan kulit.
♥ Mencegah lingkar hitam di bawah mata.
♥ Menyembuhkan jerawat.
♥ Meminimalisir munculnya kerutan di wajah.
♥ Mengatasi stretch mark. Dioleskan ke kulit yang mengalami stretch mark, kemudian dipijat.
♥ Melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
Make up remover.
♥ Membantu penyembuhan luka.
♥ Merawat rambut. Digunakan sebelum keramas.
♥ Dan lain-lain~

***

Aku menggunakan grapeseed oil untuk memijat wajah dan leher, perawatan rambut, pelembab bibir, dan make up remover (oil cleanser untuk membersihkan bb cream dan eye shadow). Grapeseed oil tidak menimbulkan perih sama sekali di kulit dan mataku. Tapi untuk make up berat yang waterproof atau smudgeproof mungkin butuh dua-tiga kali pembersihan kalo pake grapeseed oil.

Yang bikin aku kaget adalah milia di pipiku yang susah banget ilang, tau-tau berubah jadi jerawat dan kemudian kempes. Bulu mataku pun jadi lebih tebal dan ngga mudah rontok sejak aku rutin pake grapeseed oil untuk perawatan muka.


Aku beli grapeseed oil dengan harga di bawah Rp 50.000, merk Borges, ukuran 500 ml di hypermart (di rak bagian minyak goreng hihi) #FYI di gelael juga ada. Di botolnya ada keterangan kalo Borges Grapeseed Oil diimpor langsung dari Spanyol. Menurutku terhitung murah ya karena minyak ini multifungsi banget. Bisa buat masak, pelembab, buat perawatan rambut, dan lain-lain.


Bagaimana cara membersihkan make up mata dan bibir dengan grapeseed oil?
♥ Sediakan cotton pad/kapas
♥ Tuangkan 5-6 tetes grapeseed oil di kapas
♥ Tempelkan kapas di area mata dan bibir sambil ditekan-tekan lembut selama beberapa detik
♥ Geser kapasnya ke arah samping untuk melap make up
♥ Setelah kulit bersih dari make up, dilanjutkan dengan mencuci muka dengan facial foam/wash.


Salah satu cara lain membersihkan wajah dengan oil cleanser...
♥ Tuang minyak ke telapak tangan
♥ Ratakan di kulit wajah
♥ Tunggu beberapa detik
♥ Pijat lembut kulit wajah dengan gerakan melingkar (circular motion) menggunakan jari-jari yang bersih
♥ Bersihkan dengan kapas

Bagaimana cara melembabkan kulit wajah dengan grapeseed oil tanpa meninggalkan rasa berminyak?
♥ Tuangkan 2-3 tetes grapeseed oil di telapak tangan yang bersih


♥ Usap grapeseed oil di telapak tangan hingga rata
♥ Tepuk-tepuk kulit wajah dengan menggunakan telapak tangan secara lembut. Kayak cara make hada labo itu lho.
♥ Setelah itu, biasanya aku memijat wajah sekitar 2-3 menit.

#FYI

♥ Pastikan tangan dan wajahmu bersih saat menggunakan grapeseed oil sebagai pelembab atau untuk massage. Terutama bagi yang memiliki kulit berminyak. Ingat, walaupun kulitmu berminyak, jerawat tidak mudah muncul di kulit yang terjaga kebersihannya.

♥ Aku memindahkan grapeseed oil ke botol sampel yang biasa dijual di toko pernak-pernik kayak stroberi. Dengan begitu, kita bisa menggunakan grapeseed oil sesuai keperluan (mis. mengeluarkan 3 tetes, dst).


♥ Daripada ribet nyolek-nyolek pake jari untuk melembabkan bibir, grapeseed oilnya aku pindahin ke bekas botol parfum oles ;)


♥ Penggunaan minyak sebagai pelembab ketika berjerawat itu tidak dianjurkan oleh dokter. Jadi, yang mengalami jerawatan parah atau break out, sebaiknya tidak menggunakan grapeseed oil sebagai pelembab.

♥ Simpan grapeseed oil di tempat dengan suhu ruangan dan terhindar dari paparan sinar matahari. Ini penting ^^

Grapeseed oil ini jadi anti aging skin careku. Ngga perlu nunggu umur 30 atau 40an dulu untuk merawat kulit dari tanda-tanda penuaan. Sering liat kan ada yang umurnya masih sama-sama 30an tahun, yang satu kulitnya masih kencang, yang satu udah kayak ibu-ibu umur 40an tahun. Yap, itulah fungsinya perawatan kulit. Mencegah selalu lebih baik, daripada mengobati. Ngga perlu yang mahal sejutaan bla bla bla. Cukup dengan bahan-bahan alami yang kaya antioksidan (mis. grapeseed oil, kunyit, madu, dll) asal dipake rutin dan telaten.

♥ Rating rata-rata grapeseed oil sebagai skin care di MakeUpAlley.com adalah 4,5 dari skala 1 - 5. Cek puluhan review pengguna grapeseed oil di [link] ini.

♥ Hasil yang aku peroleh itu tidak instan. Perubahan yang aku rasakan itu setelah pemakaian rutin sebulanan lebih. Hasil untuk tiap orang bisa berbeda (^^)

***

Mohon Diperhatikan Yah, Dear... (9/12/2013)
Seperti yang sudah saya terangkan berkali-kali :D
Grape Seed Oil ini emang bagus banget, tapi saya ngga bilang kalo Grape Seed Oil yang oke cuma yang Borges, atau saya bilang harus pake Borges :D sama sekali ngga, dear. Kamu mau pake yang cold pressed pun silakan :D Justru pasti lebih bagus yang cold pressed, karena risiko kandungan tertentu rusak (karena panas) selama proses ekstraksi keitung rendah banget. Ini emang skin care remedy (minyak pangan) tapi jangan samain kayak minyak goreng sehari-hari yang dari kelapa sawit ^^;

Awalnya saya memang cari yang cold pressed, tapi masih jarang banget di Indonesia ^^ kalopun ada, harganya belum bersahabat dengan kantong saya. Setelah browsing sana-sini, di Make Up Alley, di blog dan forum skin care remedy, dan dari pengalamannya Emma Stone pake grape seed oil yang food grade akhirnya saya pikir ngga ada salahnya coba yang food grade *just in case you're wondering... Ternyata minyak ini ringan dan oke juga hasilnya. Saya pake sampe sekarang karena ngga bikin pedih di mata, ngga memperparah kulit saya yang trouble prone, dan membantu pemulihan kulit.

***

Bahasan lain tentang grapeseed oil alias minyak biji anggur sebagai sebagai minyak pembersih, bisa dibaca-baca di Pengen Kinclong : Edisi Double Cleansing

Semoga bermanfaat :D
Thanks for reading :* love you all

32 komentar:

  1. nice review siss....
    aq baru coba pake olive oil buat bibir aja...
    buat wajah kadang suka lupa, soalnya pake lagi pake HL bwt NC...
    palingan aq make olive oli cuma buat cream mata ajaa biar ga item ...
    tapi belum ada perubahan nyata sih,,,kudu rajin kalii ya ...
    jadi pengen nyoba juga :)

    BalasHapus
  2. makasi yaa
    :)) aku pun berawal dari iseng dan penasaran!
    Kalo untuk muka, olive oil terlalu berat buat aku :D walo cuma make setetes-dua tetes..
    Kalo grapeseed oil ini ringan banget dan cepet nyerap
    ni mukaku udah pulih, jadi aku ga pake grapeseed oil sbg pelembab sebelum tidur, buat pijet-pijet muka aja biar rileks
    Iyaaa (^^;) kalo pake yang alami-alami gini mesti telaten dan hasilnya lama baru keliatan hehe

    BalasHapus
  3. karena suamiku suka masak, aneka minyak tuh ada di dapur, olive ini-olive itu, canola, kedelai, sama si grapeseed ini... Emang yg grapeseed lebih light ya dari OO, so buat bikin salad dressing lebih enak grapeseed... :9 trus kata suamiku apaa gitu kelebihan minyak ini dibanding minyak yang lain, titik asapnya lebih rendah apa gimana... ah, gak ngerti lah lol lol

    Baca postingan mu ini aku langsung ke dapur... hahaha... taulah apa yg terjadi selanjutnya... :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaa seru yaa punya suami suka masak xD
      Calonku cuma tau komentar dan ngunyah doang :|

      Iyaaa :D aku waktu itu juga penasaran sama grapeseed oil karena baca review-review orang di makeupalley hahahhaha

      Selamat mencobaa :D

      Hapus
    2. Oh oh.. mantab kali ya si grapeseed ini... Sekarang aku jadiin eye makeup remover lho...

      gak tahu deh klo pake aneka merek remover buat mata suka perih2 ujungnya, pake olive mending sih tapi tetep bikin perih sedikit... klo si grapeseed ini oh sungguh maghnyusss... ^^ ilangin maskara gampang gak pake perih!!

      Hanitis keren beud deh kamuu... aku jadinya keracunan grapeseed...

      Cuma pas suamiku tahu dia cuma geleng2 aja, kata dia dasar cewek.. ck ck... dari berlian sampe lumpur bisa dipake buat muka... hahahaha... XD

      Hapus
    3. Hahahahah xD emang baguuuus, ngga bikin mata perih. Plusnya, bulu mataku jadi lumayan lebat dan ngga gampang rontok ni hihihihi..

      Iyaa makasih sis :D syukurlah kalo postingan ini bermanfaat.

      Huahahahahhaha.. aku ngakak parah baca kalimat terakhir --> dari berlian sampe lumpur :))

      Hapus
  4. mbaaakk.. mampir lagi yak ;)
    ini beneran bisa ngeringin jerawat mbak? masih maju mundur mau nyoba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Helloo Erindaa ;D

      :D grapeseed oil sebagai pelembab muka ngga ngeringin jerawat say, tapi matengin. Kalo jerawat kamu banyak, nyebar, dan di bawah permukaan kulit banyak brindil-brindil jerawat, sebaiknya ngga pake minyak ini. Karena bakal dimatengin (baca: keluar semua) jerawatnya. FYI, waktu itu jerawatku tiga-empat biji doang, makanya aku bisa pede iseng nyobain, dan sempet ngalamin purging di pipi (keluar satu-dua jerawat yang mendem di pipi) heheheh :D

      kalo kamu mengalami breakout atau jerawatan nyebar semuka sebaiknya jangan pake grapeseed oil, pake obat jerawat biar cepet sembuhnya.

      Kalo untuk melembabkan area kulit yang mengering ngelupas karena efek samping obat jerawat si boleh-boleh aja say. Tapi sebagai pelembab untuk ngatasin jerawat, mending jangan :D

      Kalo pake grapeseed oil trus tangan atau sarung bantal kita ga bersih, jerawatnya bisa aja malah tambah parah. Soalnya ini minyak :D kulit yang rentan berjerawat bisa makin jerawatan kalo ga bener-bener bersih pas make minyak sebagai pelembab. Selain itu, kalo ga bersih, ada kemungkinan nyumbat pori. Karena itulah banyak dokter yang ga rekomendasiin minyak dijadiin pelembab harian untuk ngatasin jerawat :D

      Taappiii, grapeseed oil ini sangaaat recommended dijadikan makeup remover atau pembersih sebelum cuci muka untuk kulit yang sensitif dan berjerawat karena aman dan ringan (lebih ringan dari minyak zaitun). Ngga bikin perih dan ngga memperparah jerawat alias ngga bikin breakout :D

      Btw, untuk ngeringin jerawat aku biasa maskeran pake bubuk kunyit, bubuk kayu manis, atau madu :D hasilnya lebih cepet lho daripada grapeseed oil. Kalo grapeseed oil makan waktu sekitar seminggu untuk nyembuhin satu jerawat, kalo pake kunyit atau kayu manis paling 3 harian udah kering :D (pengalaman di kulitku).

      Semoga membantu :D

      Hapus
  5. hmmm...kayaknya serem tuh, nggak jadi nyoba deh :D
    yang masker kunyit emang bikin ngiler,tp masih kebayang wajah bakal jadi kuning ntar..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga serem kok kalo dipake buat make up remover doang :D hehehhe soalnya malah itu pembersih yang aman saat aku sedang jerawat (di samping pake oatmeal).

      eits masker kunyit ngga meninggalkan warna kuning di kulit kalo dicampur dengan tepung beras atau yogurt plain say :D next time aku bakal posting tentang masker jerawat dr kunyit dan kayu manis deh xD

      Hapus
    2. bikin kusam gak mba ke wajah? soalnya aku pake minyak zaitun wajah jadi malah kusam :((

      http://bubbleoboss.blogspot.com/

      Hapus
    3. Grapeseed oil ini lebih ringan dan cepat menyerap dibanding minyak zaitun :D pakenya dikit aja di malam hari, sebelum bobo :D

      Kalo sekarang aku seringnya pake grapeseed oil buat pembersih sebelum cuci muka dan pijet-pijet muka gitu :D

      Hapus
  6. Wowww...makasih banyaakk tipsnya, aku nyari2 grape seed oil dah lama banget, hampir aja mau bikin sendiri hahaa...Oh ya sis tukeran info nih, dari Bali juga banyak produk2 kecantikan yg dibuat industri rumahan, kalo ke Bali mampir2 ya, sekalian ikutan workshop bikin2 kosmetik sendiri. cekidot di sini : http://balancethruherbs.blogspot.com/p/about-our-products.html

    Kayaknya ntar aku rekomen grapeseed oil juga buat jadi bahan dasar body oil, atau kemungkinan besar bikin sendiri herbalistnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaaa menarik banget infonya :O thank you, segera meluncur ke link xD

      grapeseed oil banyak sist, merknya juga ga cuma borges ini :D biasanya dijual di supermarket gede ato toko yg jual bahan makanan impor gitu :D

      iyaa emang recommended banget minyak ini, ga bikin kulit brasa greasy (padahal minyak hehehe) xD

      Hapus
  7. mbak mau tanya,berati kalo kulit sensitive,berminyak,jerawat,pake grapeseed oilnya buat pembersih muka gakpapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh ini, minyak biji anggur bersahabat bgt sama kulitku yg acne prone, sensi, dan bermasalah ^^; apalagi kemaren pas abis alergi, aku juga pake minyak biji anggur dan oatmeal buat bersihin muka, krn facial foam atau toner make up remover yg beredar di pasaran biasanya malah bikin kulitku perih T.T

      ngga apa-apa say ^^ soalnya minyak ini ringan banget. asal perhatiin juga kebersihan tangan pas bersihin muka :D

      Hapus
    2. oke..kalo misal jerawatan gk usah buat pelembab ya?oh ya grapeseed oil bisa buat apa lagi ya,msl bwt rambut,badan lah itu buat apaan?trus grapeseed oil bikin tumbuh rambut/rambut jd subur gak?ayak olive oil,soalnya takut ntar dipake malah rambut2 kecil di kulit makin subur aja tumbuhnya
      maaf banyak tanya,sebelumnya terimakasih atas infonya:)))

      Hapus
    3. xD iyaa kalo lg jerawatan jadi make up remover aja

      kalo buat rambut masih lebih mantep minyak zaitun :D
      kalo aku selama pake minyak biji anggur sebagai make up remover, yg aku pratiin bulu mata jadi ga gampang rontok :D dan ga bikin bulu2 halus subur gitu kok hehehehehe

      Hapus
  8. grape seed oil ini aman gak untuk diminum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aman-aman aja say, ini kan emang buat masak-masak, bukan kosmetik :D
      minyak biji anggur umumnya buat salad dressing, kalo buat deep fry ato numis-numis sih belom pernah denger hehehe, soalnya ini minyak yg ringan dan titik didihnya rendah cmiiw

      Hapus
  9. yg kamu beli di hypermart itu memang minyak goreng! minyak biji anggur itu ada 2 macam, yang pertama itu dari destilasi berfungsi sebagai minyak goreng (food grade) dan yg kedua dihasilkan dari cold pressure dan inilah yg digunakan untuk terapi dan kosmetika. jadi tidak heranlah kalo kamu menemukan grapessed oil di bagian minyak goreng, karena yg kamu beli itu memang grapeseed oil yg food grade bukan Therapeutic/cosmetic grade

    LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa say :D yang ini kan emang food grade. Aku tau kok, udah aku bilang juga di postingan x))
      Malah aku berharap pembaca postingan ini bisa kasi referensi dapetin grapeseed oil yang emang kosmetik (selain sariayu solusi organik) di Indonesia di mana :D

      Aku tau info ini dari situs-situs skin care remedy waktu aku nyari cleansing oil. Awalnya aku juga ragu kok. Gataunya udah mau setahun lebih minyak ini jauh lebih ringan dan bersahabat di kulitku dibanding cleansing oil/milk lain yg udah aku coba. Karena ini yang paling gampang aku dapet, dan sejauh ini ngga ada keluhan, malah bantu memulihkan kulitku (terutama pasca alergi-kering mengelupas, juli 2013) jadi aku pake terus :D

      LOL juga :D

      Hapus
  10. Aiiiingg (>w<)/ jatuh cinta.. senneg banget blokwalking kesini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ( >w<)/\(^w^ ) hahahahah makaci lho dear, semoga bermanfaat

      Hapus
  11. hai,, lagi googling2 tentang OCM jd nemu blog km. Kira2 ini minyak bikin jerawat gk yah? aq kadang suka bersiin wajah pake wardah pure olive oil jd suka timbul jerawat gede2 perih gt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai juga :D alhamdulillah di kulitku yg rentan ini ngga say, dan ngga memperparah kondisi kulit juga walau sedang jerawatan :D

      Hapus
  12. hai sis, berkat postingan ini saya jadi memantabkan hati beli grapeseed oil loh X)
    cumaa, aku cari yg Borges nggak ada didaerahku, ketemunya merk Olitalia dan harganya lebih mahal *kecut deh
    eh tapi aku tetep berterima kasih untuk racunnya, sekarang aku jadi kecanduan grapeseed deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa aku juga udah susah nyari yg borges sekarang :)) adanya yg seliteran, mahal pulak
      iyes sayang, sama-sama :D

      Hapus
  13. Aku juga pake grapeseed oil udah 6 bln..kulit jadi cerah,jerawat cpt kering..tp ya hasilnya gak instan harus telaten dn rajin. Aku pake produk korea di botolnya merknya huruf korea gtu belinya di hero

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sharingnya :D salam kenal ya
      waa boleh tuuu, makasih ya referensinyaa ^^ iyaa, grapeseed oil juga bersahabat buat kulit yg trouble prone hehe :D

      Hapus
  14. aku beli grapeseed oil yg cold pressed do Earth Factory Bali. harganya 70rb Isi 260ml. top deh pokonya! aku pake pas mau tidur semalem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaa makasih banyak infonya :D lumayan kejangkau yah kalo 70ribu,
      soalnya dulu nemu yang harganya 200an ribu gitu -___-
      *brb googling hihihi

      Hapus